Arhawi Banyak Torehkan Prestasi, Wakatobi Kebanjiran Puluhan Penghargaan

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Sejak dilantik sebagai Bupati Wakatobi pada 28 Juni tahun 2016, Arhawi banyak menorehkan prestasi, bahkan puluhan penghargaan dari berbagai bidang diraihnya ketika menduduki jabatan di pemerintahan.

Sedikitnya ada 12 penghargaan ditorehkan oleh Arhawi selama empat tahun memimpin Wakatobi.

Sekda Wakatobi, La Jumadin, mengatakan pada 2017 Kabupaten Wakatobi mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Pada 2018, Pemda Wakatobi mendapatkan enam penghargaan, yaitu penghargaan pariwisata juara umum pemegang sayembara arsitektur nusantara untuk desain pusat cenderamata nusantara, kerja sama Kementerian Pariwisata dengan Badan Ekonomi Kreatif, pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award kategori pelestarian lingkungan, sekaligus memenangkan Nayaka pariwisata berkelanjutan 2018 dari Kemenpar RI.

“Masih tahun yang sama Pemda mendapatkan penghargaan inovasi administrasi negara (Inagara Award) dari Lembaga Administrasi Negara, Bupati Wakatobi Arhawi dianugrahi penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani,” ucapnya

Berlanjut pada 31 Desember 2018, Arhawi diberikan tanda kehormatan Satya Lencana Wirakarya di bidang pemerintahan dalam pengembangan dan pembangunan kelautan dari Presiden RI, Joko Widodo yang diserahkan langsung Mendagri, Tjahyo Kumolo.

Sementara di 2019, Arhawi menorehakan dua penghargaan, yaitu Anugerah Pendidikan Indonesia dari Ikatan Guru Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi raih penghargaan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Kemudian 2020, Pemda Wakatobi menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Kabupaten Wakatobi mendapatkan predikat baik.

“Penghargaan bergengsi itu diterima langsung Pak Bupati Wakatobi, Arhawi dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam acara penyerahan hasil evaluasi SAKIP 2019 Wilayah III bertajuk SAKIP Award 2019 Making Changes Making History di Hotel Tentrem Yogyakarta pada 24 Februari 2020,” tambahnya.

Bukan hanya itu, dalam bidang pengelolaan keuangan Kabupaten Wakatobi. Sejak Arhawi menjadi bupati pada 2016 hingga saat ini, Wakatobi meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Terkini, Menteri LHK RI melepaskan status taman nasional di sebelas pulau yang berpenghuni di Kabupaten Wakatobi. (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.