Pilkada koltim

Arhawi: Jangan Cuma Berikan Bantuan Tapi Pastikan Tepat Sasaran

SULTRAKINI.COM:WAKATOBI- Launching program Perikanan Bersinar, Bupati Wakatobi, Arhawi tekankan nelayan mampu memanfaatkan potensi kelautan dan perikanan Wakatobi. Ia juga memberikan secara simbolik kartu asuransi nelayan, kartu nelayan dan GPS kepada dua orang perwakilan nelayan di empat pulau yang ada di Wakatobi.

“Saya sudah memiliki impian besar, bahwa saya harus bekerja keras agar nelayan di wakatobi mampu mengelolah kekayaan laut Wakatobi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Wakatobi,” katanya, Selasa (21/03/2017).

Sejak 13 tahun Wakatobi mekar menjadi Kabupaten, nelayan telah mendapatkan perhatian khusus dari Pemda Wakatobi. Tetapi hingga kini, nelayan hanya mampu memanfaatkan potensi kelautan perikanan sekitar 20 persen saja. Sehingga selebihnya yang menjadi potensi laut belum dimanfaatkan. 

Ia mengakui selama ini ada kekurangan dalam sistem penyaluran bantuan kepada nelayan. Mereka hanya diberikan bantuan tanpa ada pembinaan.

Pilkada

“Kita harus ubah cara berfikir, jangan cuma berikan bantuan tapi kita harus pastikan tepat sasaran agar bisa dimanfaatkan oleh nelayan,” ujarnya.

Dikatakan Arhawi, nelayan jangan dulu berbangga kalau sudah diberikan bantuan mesin maupun bodi batang sebelum memanfaatkan 70 persen potensi kelautan perikanan dan menghasilkan kesejahteraan. “Kalian berbangga kecuali kalian sudah mampu memanfaatkan 70 persen potensi kelautan perikanan kita,” ucapnya.

Selain itu, instansi terkait dapat menjalin kerjasama dalam meyakinkan investor menanamkan sahamnya di Wakatobi.

Terkait jumlah nelayan penerima kartu perikanan bersinar, pihak Dinas Kelautan Perikanan Wakatobi, tidak mengetahui pasti jumlah nelayan penerima program tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.