AS Tamrin Ungguli Suara Puma, 5 TPS di Baubau PSU

  • Bagikan
Paslon No.2 Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Dr. H.A.S Tamrin, dan La Ode Ahmad Monianse.

SULTRAKINI.COM: Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau Dr. H.A.S Tamrin dan La Ode Ahmad Monianse menang pada semua tempat pemungutan suara (TPS) di Pulau Makasar. Jumlah wajib pilih untuk dua kelurahan di Puma tersebut di atas dua ribu, terdiri Kelurahan Liwuto lebih 1.100 wajib pilih dan Sukanayo berkisar 1.200 pemilih.

Data diperoleh SultraKini.com menyebutkan jumlah TPS di dua kelurahan itu sebanyak 8 TPS terbagi 4 TPS di Liwuto dan 4 TPS di Sukanayo.

“Semua TPS di Puma dimenangkan pasangaan Tampil-Manis,” ujar HM Djunaidi, masyarakat setempat, kepada SultraKini.com, Sabtu (30 Juni 2018) pagi.

Pemilihan Wali Kota Baubau diikuti lima pasang calon, yakni paslon Roslina Rahim-La Ode Yasin diusung PKB dan Hanura, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse didukung PAN, PDIP, Golkar dan Nasdem, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail diusung PBB dan Gerindra, Yusran Fahim-Ahmad didukung Demokrat,PPP dan PKS. Sedangkan paslon Ibrahim Marsela-Ilyas dari jalur independen (perorangan).

Berdasarkan data rilis KPU RI dari hasil input data 153 TPS (60,24 persen jumlah TPS) perolehan suara kelima paslon, peringkat terbanyak adalah paslon AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, disusul paslon Yusran Fahim dan Ahmad, dengan selisih di atas tiga ribu suara.

Paslon Tamrin – Monianse sebanyak 14.541 suara (31,31 persen) sedangkan paslon Yusran-Ahmad memperoleh suara 11.734 (25,27 persen).

Namun demikian, sebanyak lima TPS dari jumlah 254 TPS di seluruh Kota Baubau akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada 1 Juli 2018. Ada pun lima TPS yang akan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu yang kemudian ditetapkan oleh KPU Sultra sebanyak lima TPS, yakni TPS 3 Kelurahan Melai, TPS 4 Bataraguru, TPS 2 Tomba, TPS 8 Wameo, dan TPS 9 Lamangga.

Menjelang PSU, Kota Baubau sempat tegang. Jumat malam terjadi bentrok pendukung dua paslon pada saat pleno rekapitulasi Perolehan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). Keributan terjadi di depan Kantor Camat Murhum Baubau, lalu meluas ke sejumlah tempat, seperti daerah jembatan tengah.

Kepolisian setempat cepat bertindak dan memulihkan situasi.

Laporan: Shen

  • Bagikan