SUARA

Asman Abnur Mundur dari Caketum PAN

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Satu calon ketua umum (Caketum) Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025, Asman Abnur mengundurkan diri. Pemilihan Caketum PAN berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (11/2/2020).

Ketua Steering Comite (SC), Eddy Soeparno, menyampaikan Caketum PAN diikuti tiga calon, yang sebelumnya ada empat Caketum yang mendaftarkan diri.

“Tadi sempat disampaikan Asman Abnur, beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan. Sekarang ini kita sedang melakukan pemilihan voting terhadap tiga calon ketua umum yaitu Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap dan Zulkifli Hasan,” ujarnya.

Eddy Soeparno mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan mundurnya Asman Abnur. Karena hal itu tidak pernah ada konfirmasi langsung alasan mundurmya dari kontestasi PAN itu.

yamaha

“Pertimbangan mundurnya tidak disampaikan ke kami secara umum pada publik, tapi saya kira pak Asman mengambil keputusan yang bijak,” jelasnya.

Ia melanjutkan, panitia telah menyepakati 22 DPD PAN tidak diikutkan dalam pemilihan, karena ada sengketa kepengurusan, sehingga dari 590 orang yang memiliki hak suara dalam pemeilihan ketua umum tersisa 568 suara.

“Untuk voters sendiri hanya 568 dari 590 orang yang akan menyalurkan hak suaranya. Daripada kita sengketa dan berujung pada tindakan hukum dalam bentuk gugatan dan lain-lain dikemudian hari, kita sepakat bersama, 22 daerah itu dibekukan kepesertaannya,” tandasnya.

Sebelumnya ada empat kader PAN yang menyatakan sikap untuk maju dalam pemilihan ketua umum partai berlambang matahari terbit itu. Mereka adalah Ketua Umum Petahana Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum Petahana Asman Abnur, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.