ASN Konsel akan menjadi Pelopor Family Farming

  • Bagikan
ASN di Konawe Selatan. (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda setempat menjadi pelopor Family Farming.

“Tahun 2020 kita fokus pada konsep family farming dibantu TP-PKK dengan membuat kebun di halaman rumah masing-masing warga, dimana setiap ASN Pemda Konsel harus menjadi pelopor konsep tersebut dengan menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat, yakni memanfaatkan lahan pekarangannya untuk ditanami berbagai macam komoditas kebutuhan sehari-hari,” jelas Surunuddin dalam apel pagi bersama ASN, Senin (4/11/2019).

Family Farming merupakan model pengembangan ketahanan pangan berbasis keluarga yang diinisiasi Kementerian Pertanian RI sejak 2014 dengan nama program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dipromosikan Mentan Suswono kala itu dalam forum konsultasi tingkat menteri negara FAO Asia-Pasifik di Chennai, India. Kemudian istilahnya diadopsi oleh organisasi pangan dan pertanian dunia (Food and Agricultural Organizational/FAO).

(Baca juga: Perayaan HPS ke-39 di Kendari, Kementan Kampanyekan Family Farming)

Bupati berharap kemajuan pertanian bisa didorong salah satunya dari konsep family farming, sehingga masalah pangan dan pengentasan kemiskian bisa teratasi.

Di satu sisi, konsep family farming memiliki manfaat dari aspek menghemat pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan pangan sehari-hari serta meningkatkan hubungan baik antartetangga melalui kerja sama menjaga dan memanfaatkan lahan pekarangan. Hal ini juga membantu dalam upaya mewujudkan daerah swasembada pangan berkelanjutan dan program daerah Desa Maju Konsel Hebat.

Terkait pangan, kata Surunuddin, Pemda juga ikut memamerkannya pada pameran pangan peringatan Hari Pangan Sedunai ke-39 di Kota Kendari yang digelar 2-5 November 2019.

“Jadi patut disyukuri karena melalui HPS secara tidak langsung kita mempromosikan daerah dan unggulan pertanian serta perkebunan kita dengan gratis hingga keluar negeri, tentunya ini menjadi tugas kita ke depan untuk menjadikan Konsel yang lebih baik,” ucapnya.

Laporan: Cr1
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan