SULTRAKINI.COM: KENDARI - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Tenggara bekerjasama dengan Asosiasi Futsal Kota (AFKot) Kendari mengagendakan kursus wasit futsal dengan lisensi level dua dan tiga. Kursus tersebut dilaksanakan pada 21-24 Desember 2017 di Lapangan Futsal Tawang Alun.

Asosiasi Futsal Agendakan Kursus Wasit di Kendari
Pengumuman pendaftaran kursus wasit di Kota Kendari. (Foto: Sultan Arifin/SULTRAKINI.COM)

Dikatakan Pengurus AFP Sultra, Sultan Arifin kepada SultraKini.Com, kursus ini dilakukan untuk mendukung kualitas dan kinerja wasit futsal yang berada di bawah naungan AFP Sultra. Selain itu, kinerja wasit juga turut mendukung dan menciptakan pemain dalam memahami aturan dalam permainan futsal. 

"Susah kalau mau bisa ciptakan banyak pemain yang berkualitas dan bisa lebih paham aturan futsal yang sebenarnya, kalau kita belum mempunyai wasit berkualitas. Makanya kami perlu mengadakan kursus wasit ini, karena di Sultra belum mempunyai banyak wasit seperti itu," terang Arifin melalui sambungan WhatsApp, Selasa (28/11/2017).

(Baca juga: Kejuaraan Inkado Open Championship di Batam Hadirkan Wasit Wanita Asal Sultra)

Dengan adanya kursus ini diharapkan dapat melahirkan wasit profesional untuk memimpin pertandingan berskala nasional yang diadakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Sultan mengaku, sampai pertengahan November 2017, Sultra baru memiliki satu orang wasit yang berlisensi level satu nasional. Jumlah tersebut akan bertambah karena di akhir November ini, tiga wasit futsal asal Sultra ikut kursus yang sama di Bali.

Ia mengungkapkan pemateri kursus ini akan diisi oleh instruktur nasional. Sementara terkait peserta, bisa berasal dari luar Sultra. Namun, hitung-hitungan jumlahnya dibatasi sampai 25 orang. 

"Dari luar (Sultra) juga bisa ikut. Sementara dari luar yang daftar dari Bone dua orang, Sidrap satu orang dan Makassar satu orang," tandasnya.


Laporan: Didul Interisti

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations