SUARA

Ayo Ikut Upacara HUT RI ke-75 di Istana Negara Secara Virtual, Berikut Caranya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sekretariat Presiden mengundang masyarakat untuk menghadiri detik-detik peringatan kemerdekaan secara virtual. Undangan dibuka khusus 17.845 undangan, angka ini sesuai dengan simbol hari kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, peringatannya di tengah wabah Covid-19 sehingga dilangsungkan secara virtual.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan Sekretariat Presiden akan mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan kepada masyarakat yang mau berpartisipasi. Caranya, mendaftar ke laman https://pandangistana.setneg.go.id yang baru saja diluncurkan pada Senin (10/8/2020) oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

“Masyarakat yang mendaftar terlebih dahulu dilakukan verifikasi data. Selanjutnya akan memperoleh pesan melalui WhatsApp dan email yang berisi ketentuan mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka secara langsung melalui konferensi video,” jelasnya melalui konferensi video yang dihadiri seluruh kepala dinas Kominfo se-Indonesia, Selasa (11/8/2020).

Dikatakan, setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu tautan undangan konferensi video. Peserta upacara virtual nantinya akan mendapatkan sertifikat elektronik dari istana.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Widodo Muktiyo menyampaikan, secara serentak seluruh rakyat Indonesia dapat berdiri dengan sikap sempurna menghormat kepada bendera merah putih pada 17 Agustus 2020 pukul 10.15 WIB.

yamaha

“Beduk-beduk masjid, lonceng gereja, sirine, termasuk sirine kendaraan dapat dibunyikan pada saat itu hingga selesainya proses pengibaran bendera,” ucapnya.

Dalam rangka memeriahkan HUT RI kali ini, pemerintah juga menggelar berbagai macam lomba yang dapat diikuti seluruh masyarakat. Salah satunya lomba membuat video berdurasi tiga menit dengan tema “Cinta Indonesia”.

“Panitia menyiapkan hadiah total Rp 1 miliar. Syarat dan ketentuan lomba dapat dilihat pada website https://hutri75.kemenparekraf.go.id,” tambahnya.

Tidak hanya itu, kata Widodo Muktiyo, panitia HUT Kemerdekaan juga menggelar lomba untuk menebak busana adat apa yang nantinya akan dikenakan presiden dan ibu negara pada 17 Agustus 2020. Nantinya, lima pendaftar yang lebih dulu dapat menyebutkan dengan tepat akan memperoleh hadiah yang masih dirahasiakan. Masyarakat dapat mengikuti lomba ini dengan mengirimkan jawabannya ke laman resmi yang akan disiapkan dalam satu bagian di alamat https://hutri75.kemenparekraf.go.id.

Kementerian Kominfo juga menggelar Lomba Podcast Kominfo dengan tema “Cerita Kemerdekaan”. Lomba ini bertujuan mendorong sebanyak mungkin cerita tentang pandangan, inspirasi, dan pengalaman dalam semangat mengisi kemerdekaan beserta nilai positifnya di masa pandemi.

“Informasi persyaratan dan ketentuan pendaftaran peserta dapat dilihat pada website www.ceritakemerdekaan.com. Batas akhir pendaftaran 4 September 2020. Panitia akan memilih tiga pemenang utama dan 34 pemenang pilihan,” terangnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.