Bagaimana Air Membawa Manfaat Bagi Tubuh?

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Air mineral merupakan salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi setiap hari. Karena air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tidak hanya tubuh manusia tapi juga seluruh makhluk hidup yang ada di dunia.

Tidak dapat dibayangkan, apabila tubuh kekurangan cairan yang berasal dari air mineral dalam jangka waktu yang relatif lama. Maka tubuh akan merasakan gejala haus sebagai salah satu respon tubuh manusia  apabila membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. 

Selain itu air putih juga bebas kalori dan gula. Selain itu manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh yaitu :

1. Menjaga kadar cairan tubuh guna menghindarkan tubuh dari gangguan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh normal.

2. Membantu mengendalikan asupan energy pada otot dan melumasi sendi agar tetap lentur.

3. Membantu mengendalikan asupan kalori pada tubuh.

4. Menjaga kesegaran kulit.

5. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitive pada tubuh lainnya.

Kandungan Air dan Manfaatnya Bagi Tubuh

1. Kalsium, manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, berperan penting dalam proses kontraksi otot, pembekuan darah dan menunjang imunitas tubuh.

2. Sodium, manfaatnya bagi tubuh adalah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Menopang transmisi saraf, kontraksi otot, absorpsi glukosa dan menjadi alat angkut zat gizi melalui membrane sel.

3. Magnesium, manfaatnya membantu proses pencernaan protein. Memelihara kesehatan otot dan sisitem jaringan penghubung, membantu menghilangkan  timbunann lemak didinding dalam pembuluh darah, sebagai zat  pembentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.

4. Kalium, membantu pembentukan sel, pembentukan organ dalam tubuh dan jaringan.

5. Bikorbonat, bermanfaaat dalam memelihara keasaman darah, menyokong proses pencernaan dalam perut.

Kecukupan cairan merupakan hal penting bagi tubuh. Salah satu sumber terbaik berasal dari air mineral dengan berbagai manfaat. Minumlah air putih sesuai kebutuhan, agar kondisi kesehatan tubuh tetap maksimal dan aktivitas pun terlaksana dengan baik.

Sumber: Tempo.com

  • Bagikan