SULTRAKINI.COM: JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun hotel dengan konsep halal syariah di kompleks Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara.

Bagaimana Prospeknya jika Hotel Syariah dibangun di Jakarta?
Bagaimana Prospeknya jika Hotel Syariah dibangun di Jakarta?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya mengungkapkan, pembangunan hotel halal syariah ini sebagai bagian dari upaya pengembangan sektor pariwisata syariah di DKI Jakarta.

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani menyebut rencana ini punya prospek yang baik ke depan. Hal ini dilihat dari berbagai aspek, salah satunya terkait perubahan pola perilaku konsumen dari belanja di gerai ritel kini cenderung untuk wisata atau leisure.

"Bagus-bagus saja, hotel halal syariah punya peluang untuk sama-sama bersaing dengan hotel yang sudah ada saat ini," kata Hariyadi saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (9/11/2017).

Menurut Hariyadi, Pemprov DKI Jakarta bisa belajar dari hotel-hotel syariah yang sudah ada sebelumnya, seperti Hotel Sofyan. Hotel Sofyan sudah ada di beberapa tempat di Jakarta, di antaranya di Cikini (Jakarta Pusat) dan Tebet (Jakarta Selatan).

Bayangan mengenai hotel berkonsep halal syariah tidak selalu berkaitan dengan segala hal tentang Timur Tengah.

Hariyadi mengungkapkan, konsep halal syariah bisa dijalankan namun dengan tetap memadukan dengan unsur modern dan yang kekinian.

Hariyadi kembali menyebut contoh hotel halal syariah yang bernama Hotel Rhadana di Bali. Dari pandangan dia, hotel tersebut punya nuansa cozy dan sangat cocok untuk anak muda, tetapi tetap ada unsur halal di dalamnya, salah satu soal makanan yang disajikan.

"Jadi, hotel halal syariah punya masa depan yang baik, asalkan dikemas dengan unik dan menarik tanpa menghilangkan konsep kehalalannya. Apalagi industri hotel ke depan akan terus tumbuh," tutur Hariyadi.


Sumber: Kompas.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations