SULTRAKINI.COM: Banyak wanita mengatakan bahwa pengalaman yang indah adalah setelah kelahiran anak-anak mereka, termasuk tindakan menyusui. Pemberian ASI adalah salah satu fase paling luar biasa setelah melahirkan, karena ini adalah sumber makanan utama bagi bayi, dan ini juga membantu menciptakan ikatan yang selalu abadi antara ibu dan anak.
Bahan Alami Ini Bikin ASI Berlimpah

Pemberian ASI juga disertai berbagai manfaat bagi ibu dan anak. Ini membantu bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, selain diketahui bisa membantu ibu baru menurunkan berat badannya. Pemberian ASI juga bisa menenangkan bayi dan memperbaiki sistem sarafnya, meski dikatakan bisa mengurangi risiko kanker payudara pada ibu.

Menyusui bisa menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi selama beberapa bulan pertama, oleh karena itu penting bagi bayi untuk mendapatkan cukup susu agar tetap kenyang dan tumbuh dengan baik.

Ada banyak bahan alami yang bisa ditambahkan ke makanan ibu untuk meningkatkan produksi ASI. Seperti dikutip dari situs Boldsky, Senin (6/11/2017) berikut ini beberapa bahan alami yang membantu meningkatkan produksi ASI secara efektif. 

1. Oat

Ini adalah makanan umum yang tersedia di sebagian besar rumah tangga, yang diketahui dapat mempromosikan produksi ASI sehat. Oat kaya akan saponin, yang merangsang produksi hormon yang menghasilkan susu pada ibu menyusui.

2. Fenugreek

Biasanya digunakan di berbagai hidangan, fenugreek adalah ramuan lain yang meningkatkan produksi ASI pada ibu. Karena kaya akan protein, vitamin C dan zat besi, fenugreek juga memberi nutrisi pada ibu dan anak secara efektif dengan membantu produksi susu bergizi.

3. Alfalfa

Daun alfalfa adalah ramuan bergizi yang digunakan sebagai obat alami untuk mengobati banyak kelainan. Selain itu, alfalfa dikenal untuk merangsang kelenjar pituitari, yang pada gilirannya meningkatkan produksi ASI. Alfalfa juga dikemas dengan berbagai vitamin yang menjaga ibu dan anak tetap sehat.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan dapur umum lainnya yang digunakan dalam berbagai pengobatan di rumah. Ini juga sangat berguna bagi ibu menyusui, karena bawang putih diketahui memiliki sifat laktogenik yang merangsang saraf di payudara untuk menghasilkan lebih banyak susu.

5. Biji adas

Biji adas juga merupakan ramuan alami lain yang dikenal kaya akan fitoestrogen, yang bertanggung jawab untuk produksi ASI pada ibu menyusui. Dianjurkan untuk meminumnya dalam jumlah minimum.

6. Biji wijen

Biji wijen mengandung kalsium, yang merupakan agen penguat susu lainnya. Kalsium dan vitamin lainnya yang hadir dalam biji wijen merangsang kelenjar untuk menghasilkan lebih banyak susu di payudara.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikemas dengan asam lemak esensial dan kaya akan asam amino. Kombinasi kedua nutrisi ini membantu neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk menyusui untuk menghasilkan lebih banyak susu. Almond adalah salah satu kacang terpenting yang membantu dalam meningkatkan suplai ASI.

8. Susu

Susu membantu dalam produksi lebih banyak ASI pada ibu menyusui. Susu kaya akan kalsium dan protein, sehingga konsumsi susu oleh ibu setiap hari membuatnya tetap sehat serta persediaan ASI cukup untuk anaknya.

9. Teh

Beberapa jenis teh tertentu, terbuat dari bahan organik seperti daun raspberry merah, fenugreek, akar marshmallow, dan bahan lainnya diketahui meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Ada juga 'teh laktasi' yang tersedia di pasaran, yang dibuat untuk tujuan spesifik ini.

10. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan mineral, dan beta-karoten. Kombinasi tersebut membantu meningkatkan suplai ASI. Menambahkan wortel ke makanan juga dapat membantu Anda menurunkan  berat badan pasca melahirkan, selain memperbaiki sistem kekebalan tubuh.


Sumber: liputan6.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations