Baku Tembak Terjadi di Puncak Papua, 9 Anggota KKB Dikabarkan Tewas

  • Bagikan
Ilustrasi TNI memburu KKB Papua. (Sumber: Dok. TNI)

SULTRAKINI.COM: Baku tembak terjadi antara Satuan Tugas Nemangkawi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata di sekitar markas KKB di Olenski Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021). Peristiwa ini dikabarkan berakibat sembilan anggota KKB tewas.

“Memang benar dari laporan yang diterima bahwa sembilan anggota KKB tewas dalam kontak senjata,” ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol. Iqbal Al Qudusy di Jayapura, Rabu (28/4/2021) dilansir dari Antaranews.

Iqbal mengatakan, pihaknya belum memastikan identitas anggota KKB yang tewas. Sebab anggota TNI dan Polri masih berupaya mencapai markas kelompok tersebut. Namun pastinya berasal dari kelompok Lekagak Telenggen.

Lekagak Telegen masuk dalam DPO Kepolisian Daerah Papua sejak 2020 dengan Nomor DPO/43/VIII/2020/Reskrim Mimika, tertanggal 28 Agustus 2020 dalam kasus penembakan di Mile 61 saat perjalanan dari Arwanop ke Tsinga.

Kepastian mengenai tewasnya sembilan anggota KKB itu, kata Kombes Iqbal, berasal dari peralatan yang mereka miliki.

“Akan diketahui pasti setelah anggota mencapai dan menguasai Markas KKB,” ujarnya.

Pengejaran terhadap KKB masih terus dilakukan walaupun pada Selasa (27/4) Anggota Brimob Bharada I Komang gugur dan dua lainnya mengalami luka tembak.

Sebelumnya anggota KKB menembak Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu Danny di Kampung Dambet, Distrik Beoga, dua orang guru, serta seorang pelajar SMAN 1 Ilaga, Kabupaten Puncak.

Sumber: antaranews, Jpnn.com
Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan