Iklan Clarion

Bandara Matahora Wakatobi Belum Siap Standar Internasional

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Kepala Otoritas Bandar Udara (Bandara) Wilayah V Makassar, Agus Priyanto memastikan tahun 2019 Bandara Matahora Wakatobi belum bisa menjadi bandara Internasional.

“Kalau tahun 2019 bandara Matohora belum bisa menjadi bandara Internasional,  masih banyak syarat yang belum dipenuhi oleh bandara ini,” jelas Agus, Rabu (27/12/2017).

(Baca: Wakatobi Targetkan Bandara Internasional di 2019)

Menurutnya, untuk memenuhi standar bandara internasional pihaknya harus memenuhi tiga syarat, seperti Custom and Quarantine (Karantian). Hingga kini, Bandara Matahora baru didarati pesawat bombardier, belum bisa di darati oleh pesat boing atau jet.

“Kalau dianggap sebagai destinasi internasional, bandara Kendari dulu yang harus jadi bandara internasional. Biasanya kalau bandara internasional, sudah ada penerbangan dari luar negeri ke Wakatobi,” tambah Agus.

Di satu sisi, bandara Matahora juga belum memiliki fasilitas lengkap. Salah satunya landasan pacu saat ini sepanjang 2 ribu meter dan lebar 30 meter. “Untuk bisa didarati oleh boing, panjang lapangan jatuh 2.500 meter dan lebar 45 meter,” ujar Agus.

Untuk menunjang standar itu, pihaknya secra berlahan akan menargetkan hal tersebut. Sebab Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara merupakan salah satu dalam 10 top destinasi pariwisata Indonesia.

“Tahun 2018 nanti, kita akan tambah pelebaran dan penambahan kekerasan landasan,” terang Agus.

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.