SUARA

Bandara Sugimanuru Bakal Melayani Rute Penerbangan Baru, Tunggu 25 Oktober

SULTRAKINI.COM: PT Wings Abadi Airlines dalam waktu dekat, tepatnya 25 Oktober 2019 bakal penambahan rute penerbangan baru, yakni Bandara Sugimanuru di Kabupaten Muna Barat-Bandara Haluoleo.

“Insya Allah Wings Air rute Kendari-Raha akan beroperasi tiga kali dalam satu minggu. Untuk harinya kita belum tahu dan rencana akan di- connecting dengan rute Bandara Hasanuddin (Makassar)-Bandara Sugimanuru (Mubar)-Bandara Haluoleo (Kendari),” jelas Kepala Bandara Sugimanuru, Deden Chandra, Sabtu (12/10/2019) dilansir dari Zonasultra.

Terkait harga tiket untuk rute penerbangan tersebut belum dibeberkan secara resmi. Namun pastinya, hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2019 untuk formulasi tarif batas atas kelas ekonomi dan turunannya, Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019 tentang tarif.

Rencananya, rute penerbangan ini beroperasi pada 25 Oktober mendatang. Nantinya pukul 14.35 Wita dari Mubar ke Kendari dan Kendari ke Mubar terbang pukul 15.35 Wita menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600.

Deden berharap, penambahan rute baru tersebut bagian dari menambah konektivitas antara ibu kota provinsi (Kendari) dengan Kabupaten Mubar, utamanya sektor pemerintahan dan ekonomi.

“Kami berharap dengan penambahan rute Wings Air ini bisa menambah konektivitas antara ibu kota provinsi (Kendari) dengan kabupaten Mubar, baik di bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan serta perekonomian. Masyarakat akan semakin mendapatkan banyak pilihan mode transportasi selain mode transportasi laut yang selama ini digunakan,” ucapnya.

yamaha

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Mubar, La Ode Hanafi menerangkan pihaknya sudah merngkoordinasikan sehubungan rencana tersebut kepada Kementerian Perhubungan bersama Manajemen Wings Air demi kelancaran penambahan rute jalur transportasi udara itu.

Di satu sisi, kata Hanafi, penambahan rute penerbangan sebagai kemudahan kepada para perantau asal warga Muna yang berada di Kota Kendari.

“Jadi dalam ekspose yang kita jelaskan Kemenhub RI bahwa rute Bandara Sugimanuru-Bandara Haluoleo sangat efektif karena akan melayani jasa angkutan tiga kabupaten, yakni Kabupaten Muna Barat, Muna, dan Buton Tengah, bahkan Buton Utara,” jelasnya.

Bandar Udara Sugimanuru adalah bandar udara yang terletak di Pulau Muna, tepatnya di Kecamatan Kusambi, Muna Barat, Sulawesi Tenggara. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 750×23 m.

Ditjen Perhubungan Udara yang diwakili Direktur Bandar Udara Ir Bintang Hidayat, Senin (18/12/2017) meresmikan Terminal Bandara Sugimanuru Kabupaten Mubar. Peresmian terminal yang menghabiskan anggaran Rp 2,1 miliar dari APBN ini, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada-Achmad Lamani, Wakil Bupati Muna, Malik Ditu, Forkopimda, dan semua kepala SKPD Mubar.

Dari berbagai sumber
Laporan: Murni Tia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.