Bandara Sugimanuru Siap Layani Penerbangan Raha-Makassar

  • Bagikan
Poster penerbangan perdana di Bandara Sugimanuru, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Kementerian Perhubungan akhirnya mengeluarkan izin terbang maskapai Wings Air ATR 72-500/600 melayani penumbang Raha-Makassar melalui Bandara Sugimanuru, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mulai Rabu, 5 Juli 2017. Izin dikantongi usai dilakukan uji coba penerbangan pada Mei 2017.

Meski telah memiliki izin operasi, Sekretaris Daerah Muna Barat, LM. Husein Tali mengakui kesiapan bandara belum seutuhnya sempurna dari segi sarana dan prasarana pendukung. Disisi lain, pihaknya juga telah mengkomunikasikan terkait perubahan nomenklatur bandara berlokasi Muna menjadi Muna Barat sesuai letak georafis daerah administrasi.

“Karena pemberian izin terbang dan perubahan rute diterbitkan melalui peraturan Menhub dan disahkan Kemenkumham,” kata Husein, Minggu (18/6/2017).

Husein juga tidak mempermasalahkan rute penerbangan Raha-Makassar. “Kan Bandaranya di Muna Barat bukan di Raha. Kalau di Raha tidak ada landasan pacu. Jadi nama Raha itu sesuai nomenklatur sebelum kita pisah dengan Kabupaten Muna,” jelasnya.

Ia berharap bertambahnya transportasi menuju Pulau Muna tersebut, seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung domestik maupun mancanegara yang berdampak pada pendapatan daerah.

“Wings Air dengan jarak tempuh 60 menit dari Bandara Internasional Hasanuddin-Bandara Udara Sugimanuru akan melayani tujuh penerbangan setiap minggunya,” ucap Husein.

Laporan: Akhir Sanjaya

  • Bagikan