Iklan Clarion

Bangun Talud di Tiga Kecamatan, BPBD Buton Keciprat Rp60 Miliar

SULTRAKINI.COM:BUTON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton tahun ini bakal keciprat anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN sebesar Rp60 miliar untuk pembuatan talud.

 

Terkait hal itu, Kepala BPBD Kabupaten Buton, Joni Rasyid, ketika ditemui di Sekretariat Kabupaten Buton,Senin(4/4/2016) mengatakan, anggaran tersebut diperuntukan untuk pembuatan Talud di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Lasalimu, Kecamatan Lasalimu Selatan, dan Kecamatan Pasarwajo.

 

\”Anggaran itu nantinya untuk membuat Talud di Desa Waoleona, Kecamatan Lasalimu, Desa Balemo Kecamatan Lasalimu, dan Kecamatan Pasarwajo, masing-masing akan dianggarkan Rp20 miliar,\” ungkap Joni Rasyid.

 

Menurutnya, meskipun saat ini dana tersebut belum ada di daerah, namun untuk waktu pelaksanaannya direncanakan April mulai proses tender untuk Kecamatan Lasalimu dan Lasalimu Selatan. Sedangkan di Kecamatan Pasarwajo Bulan Juni 2016.

 

Ia juga mengungkapkan, usulan pembuatan Talud ke pemerintah pusat sudah dilakukan sejak tahun lalu sebesar Rp100 miliar, namun oleh pemerintah pusat hanya bisa merealisasikan sekitar Rp60 miliar. Meskipun demikian besaran dana yang dialokasikan sudah cukup.

 

Joni Rasyid menjelaskan, pembuatan Talud sangat penting, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dipesisir pantai agar bisa terlindung dari gelombang air laut yang bisa menimbulkan bencana.

 

\”Alhamdulillah walaupun tidak sesuai dengan yang kita usulkan, tapi daripada tidak ada, dan itu kita harus syukuri, semua ini kita lakukan untuk kepentingan masyarakat,\” syukur Joni.

 

Ia menambahkan, pembuatan talud yang bersumber dari APBN ini merupakan kali pertama yang bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat. Dia berharap Talud yang yang akan dibuat di tiga kecamatan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.