Bank Sultra Serahkan Bantuan CSR di Kecamatan Lasalimu Selatan

  • Bagikan
Bupati Buton, La Bakry bersama tim saat menyerahkan bantuan CSR dari Bank Sultra. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton, La Bakry menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari Bank Sultra secara simbolis.

Bantuan CSR dari Bank Sultra, berupa bibit tanaman Pala dan Kelapa Genjah di Kecamatan Lasalimu Selatan pada Kamis, 4 Juni 2020.

La Bakry mengatakan, bantuan CSR menjadi kontribusi Bank Sultra sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Buton dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat petani.

“Ini bantuan CSR dari Bank Sultra, berupa 300 bibit kelapa Genjah dan 500 bibit tanaman Pala untuk masyarakat karena merupakan komoditas yang punya nilai ekonomis tinggi,” jelas La Bakry usai menyerahkan bantuan untuk kelompok usaha di Lasalimu Selatan, Kamis (4/6/2020).

Menurutnya, kelapa genjah merupakan tanaman yang sarat manfaat dan dapat meningkatkan ketahanan pangan, sementara tanaman Pala selain dapat bermanfaat untuk penghijauan, juga sangat menghasilkan karena merupakan komoditas ekspor tinggi.

Pengembangan tanaman pala dan kelapa genjah, kata La Bakry bagi masyarakat petani juga disiapkan dalam rangka menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka, sehingga dengan CSR ini dapat terwujud. Kata dia, Kabupaten Buton sejauh ini baru Bank Sultra yang memberikan bantuan.

“25 tahun mendatang di tahun 2045, kita harapkan masyarakat memiliki penghasilan tetap dari Pala dan Kelapa Genjah,” ucap La Bakry.

“Saya berharap perusahaan atau badan usaha lain juga memberikan bantuan CSR untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di daerah ini,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Bank Sultra Pasarwajo, Rony Jaya Lakeba menerangkan bantuan CSR Bank Sultra untuk Kabupaten Buton tahun ini senilai Rp 100 juta yang diperuntukan untuk tiga sektor, yakni pertanian, rumah ibadah, dan pendidikan.

“Sektor pertanian berupa pengadaan bibit tanaman pala dan kelapa genjah, rumah-rumah ibadah, dan beasiswa bagi mahasiswa yang kuliah di luar Sulawesi Tenggara,” terang Rony.

Ia berharap bantuan tersebut meringankan beban masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19. Di satu sisi, Bank Sultra dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Buton dalam meningkatkan perekonomian dan mendukung program-program pemerintah daerah.

Penyerahan bantuan turut dihadiri Wakil Bupati Iis Elianti, Sekretaris Daerah La Ode Zilfar Djafar, Kepala Bank Sultra Cabang Pasarwajo Rony Jaya Lakeba, asisten 1, para kepala OPD, dan camat Lasalimu Selatan. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan