Bantuan dari Dana Desa di Buteng Cair Usai Bantuan Kemensos Tuntas Disalurkan

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang bersumber dari dana desa belum dicairkan di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Bantuan ini akan cair, ketika bantuan dari Kemensos RI tuntas dicairkan melalui Dinas Sosial setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Buteng, Armin, mengaku bantuan dari Kemensos RI sedang dalam penyaluran. Setelah tuntas, bantuan berikutnya yang bersumber dari dana desa akan disalurkan kepada yang berhak. Langkah tersebut ditujukan agar data penerima bantuan dari dana desa tepat sasaran.

“Kalau bantuan dari dana desa sendiri itu selalu terakhir karena kita tunggu penyaluran dari Kemensos selesai, uangnya itu sudah ada,” kata Armin, Rabu (6/5/2020).

gemilang simpeda bank sultra

Bantuan tersebut rencananya mulai cair sekitar akhir Mei 2020 dan disalurkan selama tiga bulan secara berturut-turut. Setiap penerima bantuan dana desa nantinya mendapatkan Rp 600 ribu.

Terkait target jumlah yang akan menerima bantuan, Armin menjelaskan tidak ada jumlah penerima yang ditetapkan baik dari pihak Pemda maupun Pemdes. Penentuan target hanya ditetapkan untuk pemakaian jumlah anggaran yang digunakan dari dana desa untuk bantuan tersebut.

“Anggarannya nanti disesuaikan dari dana desa, kalau dana desanya 800 ke bawah paling maksimal itu yang bisa gunakan untuk bantuan hanya 25 persen. Kalau 800 juta-1,2 miliar, berarti itu 30 persen, dan kalau di atasnya lagi berarti bisa 35 persen,” jelasnya.

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.