Bapenda Kendari Permudah Layanan Pajak Berbasis Online, Bank Sultra Siap Realisasi 

  • Bagikan
Pertemuan antara Wakil Walikota Kendari Siska Karina Imran (ketiga dari kanan) bersama jajaran Direksi Bank Sultra (Foto: Ist).


SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya memaksimalkan pendapat daerah dengan menciptakan berbagai terobosan. Kali ini, Bapenda lagi merancang sistem pembayaran pajak berbasis daring (online) untuk memudahkan wajib pajak di wilayah setempat.

Hal itu, terkuak setelah Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari menggelar pertemuan dengan Direksi Bank Sultra terkait rencana pemerintah Kota Kendari merealisasikan program pajak menyapa, Selasa (4/8/2020). 

Siska Karina Imran menjelaskan, kedatangannya bersama Kepala Bapenda guna menindaklanjuti arahan Wali Kota Kendari untuk merealisasikan program pembayaran pajak online yang direncanakan mulai berlaku pada September. 

“Kedatangan ini juga untuk membangun komunikasi terkait layanan pajak menyapa yang tengah dibangun Pemerintah Kota Kendari. Ini juga menindaklanjuti rencana pak wali kota untuk mempercepat pelaksanaan pajak menyapa yang direncanakan pak wali kota bisa running per September 2020,” jelas Siska Karina Imran. 

Menurutnya, layanan pajak menyapa ini merupakan upaya Pemerintah Kota Kendari mempermudah pembayaran pajak bagi wajib pajak, utamanya yang berada di luar kota Kendari. Termasuk upaya meminimalisir kebocoran pajak dengan transaksi tanpa tatap muka. 

Siska berharap Bank Sultra bisa membantu Pemkot merealisasikan program itu. 

Direksi Bank Sultra yang diwakil Direktur Pemasaran dan Direktur Kepatuhan, Hayati Hasan, serta Tim IT Bank Sultra, dalam pertemuan itu mereka mengaku Bank Sultra siap merealisasikan program layanan pajak menyapa yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Kendari melalui Bapenda. 

Bank Sultra akan berupaya merealisasikan program itu sebelum bulan September. 

“Kami akan berupaya untuk merealisasikan program pajak menyapa yang sudah disampaikan Pak wali kota. Bu wakil tidak perlu khawatir, tim IT kami sudah siap, kita akan uji coba akhir Agustus ini, sebelum dilaunching 1 September,” ungkap Direktur Pemasaran Bank Sultra Hayati Hasan. 

Kepala Bapenda Kota Kendari Sri Yusnita menjelaskan, layanan pajak menyapa dibuat untuk  meminimalisir terjadinya kebocoran pajak yang selama ini masih dilakukan secara manual. 

“Dengan pembayaran pajak online, wajib pajak bisa langsung membayar pajaknya dimanapun mereka berada, sehingga uang tidak lagi dipegang oleh pegawai, cash less,” ungkapnya. 

Pembayaran pajak online ini, lanjut mantan kepala DPM PTSP ini merupakan upaya memaksimalkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan upaya menjalankan program Korsupgah KPK. (B)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan