Barang Rampasan Kasus Korupsi Dilelang Hari Ini

  • Bagikan
Koordinator Unit Kerja Labuksi KPK Irene Putri bersama juru bicara KPK Febri diansyah (kiri), memberikan keterangan kepada awak media terkait lelang barang rampasan, di gedung KPK, Jakarta, 21 Novembe

SULTRAKINI.COM: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengadakan lelang barang rampasan kasus korupsi hari ini. Dalam pengumuman lelang di situs resmi KPK, setidaknya terdapat 54 barang yang akan dilelang.

“Lelang barang rampasan akan dilakukan siang ini mulai pukul 14.00 di gedung penunjang KPK lantai 3,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, kepada wartawan pada Jumat, 24 November 2017.

Barang-barang yang akan dilelang berasal dari rampasan sejumlah terpidana kasus korupsi, di antaranya Mohammad Sanusi, terpidana suap dan pencucian uang terkait dengan peraturan daerah kontribusi tambahan proyek reklamasi pantai utara Jakarta, dan Ahmad Fathonah, tersangka kasus suap pengaturan kuota daging sapi impor.

Menurut Febri, kegiatan sosialisasi dan pendaftaran peserta lelang sudah dilakukan sejak pukul 09.00 WIB. Adapun jenis barang yang akan dilelang bervariasi, seperti perhiasan, lukisan, mobil dan telepon seluler.

Febri mengatakan sosialisasi lelang ini akan dihadiri Kepolisian RI dan kejaksaan se-Jabodetabek serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Kehadiran ketiga pihak tersebut diharapkan mampu membangun persepsi sama bahwa lelang hasil rampasan korupsi digunakan untuk mengembalikan aset negara.

“Ini penting dilakukan agar ke depan ada pemahaman yang sama dan kerja sama yang baik untuk memaksimalkan asset recovery,” ucap Febri.

Acara pelelangan barang rampasan kali ini dilakukan KPK bekerja sama dengan KPKNL. KPK sebelumnya juga melaksanakan lelang barang rampasan kasus korupsi pada 22 September 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Sumber: tempo.co

  • Bagikan