SUARA

‘Baruga Konawe’ Terbentuk, Permasalahan Pilkada Tak Mesti ke Jalur Hukum

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Guna menciptakan Pilkada yang kondusif, Kepolisian Resor Konawe terus berinovasi. Kali ini satuan yang dipimpin AKBP Muh. Nur Akbar SIK., SH., MH., itu membentuk ‘Baruga Konawe’, sebuah wadah musyarawah mufakat untuk setiap permasalahan Pilkada Konawe tanpa melalui jalur hukum.

Sosialisasi program Baruga Konawe berlangsung di aula Mapolres Konawe, Selasa (27/2/2018). Acara tersebut dihadiri unsur Muspida, antara lain Pelaksana Tugas Bupati Konawe Parinringi, Kajari Konawe Saiful Bahri Siregar Perwira Penghubung 1417 Ho Kendari Mayor Sutejo, Ketua Pengadilan Negeri Unaaha Hasanuddin, dan Wakil Ketua DPRD Konawe Alauddin. Hadir pula penyelenggara Pilkada dari Komisioner KPUD Konawe, Ulil Amrin dan Ketua Panwaslu Konawe, Sabdah.

Selain itu, hadir juga para kandidat yang akan berkontestasi di Pilkada Konawe. Nomor urut 1 dihadiri Calon Wakil Bupati (Cawabup) Konawe, Mansur. Di nomor urut 2 dihadiri pasangan H. Litanto dan Hj. Murni Tombili. Di nomor urut 3 dihadiri Calon Bupati, H. Irawan Laliasa. Sedangkan di nomor urut 4 dihadiri pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara.

Dalam sambutannya, Muh. Nur Akbar menjelaskan Baruga Konawe adalah sebuah wadah musyarawah mufakat terkait permasalahan di Pilkada Konawe. Menurutnya, semua masalah tidak mesti melalui jalur hukum atau bisa diselesaikan lewat jalur kekeluargaan.

yamaha

“Tidak semua permasalahan harus ke jalur hukum. Jalur hukum adalah alternatif terakhir kita,” ujarnya.

Akbar menambahkan, dengan jalur musyawarah ia berharap suasana Pilkada bisa tetap sejuk. Sebab, yang selalu dikedepankan adalah rasa kekeluargaan. Ia juga pengingatkan kepada para kandidat yang hadir untuk tetap santun, tidak menyebar hoaks, bermain politik uang, dan politisasi SARA.

“Hari ini, semua perwakilan calon hadir dan kita akan komitmen untuk membangun Pilkada Konawe yang kondusif,” jelasnya.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menyelesaikan permasalahan Pilkada dengan baik dan kondusif.

 

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.