Pilkada koltim

Basarnas akan Terbentuk di Muna

SULTRAKINI.COM: MUNA – Setelah melalui proses panjang dilakukan Bupati Muna LM Rusman Emba, akhirnya Basarnas terbentuk di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dan menindaklanjuti permintaan Pemda Muna untuk menempatkan Basarnas di wilayah tersebut ke Basarans pusat. Dan hal itu disahuti.

“Melalui surat Bupati Muna LM Rusman Emba yang dibuat Juli 2019 tentang permintaan pendirian Basarnas di Muna, Alhamdulillah surat Bupati Muna LM Rusman Emba melalui Basarnas Sultra yang bertempat di Kendari ditindaklanjuti dan ada surat keputusan kepala Basarnas terkait penempatan unit pencarian dan pertolongan korban atau SAR di Muna,” jelas Aris ditemui di Muna, Rabu (11/11/2020).

Terkait sarana Basarnas di Muna, difasilitasi oleh Pemda Muna dalam bentuk kantor dan rencana lahan sekitar satu hektare.

Di satu sisi, Basarnas akan berkoordinasi dan menjaga sinergitas dari semua komponen SAR di Muna, Pemda, TNI-Polri, serta masyarakat.

Pilkada

“Secepatnya kita akan menempatkan peralatan dasar air dalam bentuk perahu karet dan alat pendukung lainnya. Demi menjalankan tugas SAR, kita akan menempatkan personel sebanyak lima orang di Muna,” tambahnya.

Aris menambahkan, usulan lain di masukkan ke kantor pusat adalah menempatkan minimal RIP dan kapal di Muna. “Semoga dengan adanya Basarnas di Muna bisa membantu masyarakat dalam pencarian dan pertolongan SAR,” sambungnya.

Asisten I Pemda Muna, LM Ruslan, menerangkan pemda akan menyiapkan fasilitas untuk Basarnas di wilayah tersebut guna menunjang operasi SAR.

“Kita sudah menyiapkan kantor Basarnas di gedung perkatoran Dinas Perikanan Muna dan untuk pengembangan kantor, kita siapkan lahan seluas satu hektare,” terangnya. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.