Batik Ciprat Karya Siswa Berkebutuhan Khusus akan Warnai HUT Sultra ke-55

  • Bagikan
Aktivitas membatik dan hasil batik ciprat siswa SKhN 1 Kendari. (Foto: Dok. SKhN 1 Kendari)
Aktivitas membatik dan hasil batik ciprat siswa SKhN 1 Kendari. (Foto: Dok. SKhN 1 Kendari)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Prakarya siswa berkebutuhan khusus SKhN 1 Kendari akan dipamerkan pada pameran hari ulang tahun Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-55 pada 23-27 April 2019. Batik ciprat buatan siswa tunarungu dan tunagrahita ini nampak unik dengan warna dasar hitam.

“Alhamdulillah dari pemda kami diberi stan untuk memamerkan batik ciprat karya anak-anak di sini,” terang Kepala SKhN 1 Kendari, Sri Mulyati, Selasa (2/4/2019).

Sri bercerita, karya peserta didiknyai itu dikenal lewat program acara stasiun televisi. Pempov Sultra kemudian menawarkan pihak sekolah untuk mengisi stan pameran di HUT Sultra ke-55.

Sri juga sedikit memberikan bocoran, jumlah batik nanti dipamerkan, yaitu 100 lembar dari permintaan awal Pemrov 500 lembar untuk dipamerkan. Jumlah itu tidak bisa dipenuhi pihak sekolah lantaran kekurangan tenaga.

“Ini mau kita kembangkan dan promosikan. Semoga SKhN 1 Kendari kedepannya bisa produksi batik juga,” ucapnya.

SKhN 1 Kendari merupakan sekolah yang mengembangkan batik ciprat. Kerajinan ini dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa yang dilatih guru di sekolah itu. Pelatih dari para guru ini juga mendapatkan pelatihan di luar kota tahun lalu.

Laporan: Nely&Jusniati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan