Iklan Clarion

Baubau Juga Terima Adipura 2018

SULTRAKINI.COM: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menyerahkan penghargaan adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan, Senin (14/1/2019). Kota Kendari dan Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara tidak ketinggalan menerima penghargaan nasional yang digelar setiap tahunnya itu.

Total lima kategori diserahkan KLHK, di antaranya satu penghargaan Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, 5 Plakat Adipura, dan Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Ajang ini juga menyerahkan penghargaan Green Leadership Award bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra untuk periode 2018.

Untuk Kota Kendari dan Kota Baubau masuk kategori kota sedang penghargaan Adipura 2018 bersama 29 daerah di Indonesia lainnya.

Kota Kendari juga menerima Plakat Adipura taman kota. Plakat ini bermacam-macam, berupa Plakat Adipura Pasar, Taman Kota, Terminal, Hutan Kota, dan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA).

(Baca: Kota Kendari Dapat Adipura Berturut-Turut Selama 10 Tahun)

Dilansir dari laman resmi KLHK, Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Sedangkan Nirwasita Tantra adalah penghargaan untuk kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Selain penghargaan, KLHK juga mengumumkan kota terkotor, di antaranya Kota Manado dan Bandar Lampung (kota besar). Kategori terkotor metropolitan, yakni Kota Medan, sedangkan kota sedang Sorong, Kupang, dan Palu.

Kategori Kota Kecil, yaitu Waykabubak (Sumba Barat), Waisai (Raja Ampat, Papua Barat), Ruteng (Manggarai, NTT), Buol (Sulawesi Tengah, dan Bajawa (Ngada, NTT).

Dari berbagai sumber
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.