SULTRAKINI.COM: BAUBAU - Hujan Deras yang mengguyur Kota Baubau sejak 4 Juni 2017 lalu, menyebabkan sejumlah titik terendam luapan banjir sejak malam tadi, Rabu (7/6/2017).
Baubau Kebanjiran, Akses Jalan Macet Total
Jalan di Kelurahan Karing-karing Kota Baubau. (Foto: Harianto/SULTRAKINI.COM)

Pantauan SultraKini.Com, banjir berdampak pada luapan sungai, kemacetan arus lalu lintas, longsor dan pohon tumbang. Volume air sungai meningkat di jembatan Beli Jl. Bulawambona, Kota Baubau. Selain itu Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio ketinggian air sekitar 30 sentimeter. Berbeda dengan simpangan lorong PK, banjir lebih dari 30 sentimeter.

(Foto: Jembatan Beli Jl. Bulawambona, Kota Baubau. (Foto: Harianto/SULTRAKINI.COM)

Kondisi tersebut membuat arus lalu lintas macet total. Termasuk dari arah Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna menuju Baubau begitu juga arah sebaliknya akibat derasnya aliran sungai. Intensitas hujan tak kunjung berhenti berdampak terjadinya longsor yang menumbangkan pohon hingga menutupi badan jalan.

Titik banjir juga terjadi di Kecamatan Bungi dan Kelurahan Karing-karing Kota Baubau yang menggenangi persawahan, badan jalan dan pemukiman warga setempat. 

Ina, Seorang Warga Kawasan Wakonti, Jabal Rahman mengaku banjir telah dirasakan sejak malam dini hari tadi. Luapan air bahkan menjebolkan tembok pembatas rumah setempat.

"Ini banjir sebenarnya kita rasa-rasa dari semalam," kata Ina.

(Foto: Kondisi pemukiman warga di Kawasan Wakonti yang terkena banjir. (Foto: Harianto/SULTRAKINI.COM)

Walikota Baubau AS. Tamrin juga terlihat melakukan pemantauan titik banjir di jembatan Beli Jl. Bulawambona. "Kita harus siaga banjir dan longsor, saya juga mengintruksikan badan penggulangan bencana agar stand by 24 jam," terangnya ditemani sekretaris BPBD Baubau, dan Kapolres Baubau.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Baubau, Darwis mengungkapkan sejumlah pohon tumbang akibat longsor dan hujan deras. Untuk itu pihaknya melakukan siaga banjir dan tanah longsor 24 jam.

"Ini karena hujan sudah beberapa hari ini, hingga mengakibatkan longsor dan beberapa pohon tumbang dan kami juga 24 jam siaga banjir dan longsor," ucap Darwis.

Hingga sore ini, tim BPBD Baubau belum melakukan evakuasi warga setempat.

Laporan: Harianto

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations