Baubau Kini Miliki Mobile PCR, Dirut RSUD Palagimata: Satgas Kelurahan Harus Agresif Pencarian kasus

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Wali Kota Baubau, AS Tamrin secara resmi menyerahkan mobile PCR kepada Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Palagimata, dr. Lukman. Penyerahannya berlangsung di Rumah Jabatan Wali Kota Baubau pada Selasa, 22 Desember 2020.

Menurut AS Tamrin, pengadaan Mobile PCR di Baubau merupakan salah satu upaya Pemkot memutus rantai penyebaran Covid-19. Mobile PCR ini telah lama dinantikan meskipun memang alat ini bukanlah obat yang serta merta menyembuhkan pasien Covid-19. Tetapi alat tersebut menjadi pendeteksi Covid-19 secara cepat sehingga dapat dilakukan langkah-langkah penanganan selanjutnya.

“Ini akan semakin meningkatkan kewaspadaan, terutama menghindari kerumunan massa, pakai masker, dan cuci tangan, serta mengkonsumsi makanan bergizi dan sering berolahraga,” ucapnya.

Walkot Baubau berharap, kesadaran protokol kesehatan harus tetap berlangsung dan berantai, meski telah ada Mobile PCR.

Di satu sisi, petugas rumah sakit dapat memelihara dengan baik Mobile PCR sehingga kondisinya tetap bagus dan dapat digunakan sebagaimana mestinya “Demikian juga peruntukkannya sesuai dengan ketentuan dan jangan disalahgunakan pemakaiannya,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Dirut RSUD Palagimata, dr. Lukman, mengatakan Mobile PCR ini memang sangat dibutuhkan dan memudahkan pihaknya dalam melakukan testing dan tracing penyebaran Covid-19. Hal ini juga jawaban dari keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413, yaitu agar seluruh pasien yang kemungkinan tertular Covid-19 harus dilakukan pemeriksaan real time PCR.

“Penanganan Covid-19 harus cepat, efektif, dan akurat,” terang Lukman.

Sesuai dengan surat Mendagri, Lukman meminta satgas tingkat kelurahan secara masif meneruskan informasi ini kepada masyarakat dan agresif dalam upaya pencarian kasus dengan melakukan tracing dan upaya-upaya pemeriksaan. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.