Baubau Siaga Penyebaran Covid-19

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Gugus tugas Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara dipimpin Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chadra Tangkari menggelar apel siaga, Kamis (14/5/2020). Pelaksanaan tersebut bagian dari mengatasi pandemi Covid-19.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chadra Tangkari, mengatakan dalam mengatasi Covid-19, penting bagi masyarakat untuk diberikan pemahaman dengan edukasi sedini mungkin tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan pribadi, maupun lingkungan keluarga saat keluar rumah.

Melonjaknya kasus positif Covid-19 di wilayah sekitar Kota Baubau, yakni Kabupaten Bombana dan Kabupaten Wakatobi membuat tim gugus tugas Covid-19 Kota Baubau mulai siaga melakukan antisipasi penyebaran virus dengan melakukan pengawasan ketat. Misalnya, selalu mencanangkan penggunaan masker di ruang publik agar dilaksanakan secara serentak di semua wilayah jajaran di Baubau.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyatakat bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri, menjaga imnunitas, dan menggunakan masker ketika di luar rumah,” ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya masyarakat Kota Baubau dengan berbagai latar belakang tidak semua akan memahami penggunaan masker, sehingga pihak gugus tugas melakukan secara masif penggunaan masker di ruang publik. Tertanamnya rasa kesadaran tersebut, akan mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

“Kita bisa menyelesaikan pandemi ini dengan kemenangan, artinya Kota Baubau dan seluruh jajarannya sangat kuat untuk menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Apel siaga turut dihadiri sekretaris gugus tugas Covid-19 Kota Baubau, Roni Muhtar dan diikuti aparat TNI dan Polri, BPBD, puskesmas se-Kota Baubau, dan relawan Aliansi Organisasi Profesi Kesehatan (APIK).

Pada kesempatan yang sama, Roni meminta kepada semua puskemas di Kota Baubau agar secara masif memberitahukan sosialisasi, terutama tentang penggunaan masker kepada masyarakat.

“Sosialisasinya sejak Kamis (14/5) sudah mulai dilakukan,” Singkat Roni.

Seusai mengikuti apel siaga, tim gugus tugas Covid-19 Kota Baubau langsung meninjau dan sekaligus sosialisasi penggunaan masker dan membagikan masker gratis kepada masyarakat di Pasar Wameo dan Pasar Laelangi.

Data gugus tugas Covid-19 Povinsi Sultra hingga 14 Mei 2020 pukul 17.00 Wita, Kota Baubau masuk zona merah Covid-19. Wilayah ini tercatat memiliki 131 orang tanpa gejala (OTG), 17 orang dalam pemantauan (ODP), dua pasien dalam pengawasan (PDP), dan lima orang positif corona.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.