Bawaslu dan Diskominfo Buton Satukan Persepsi Tentang Informasi dan Data

  • Bagikan
Suasana pertemuan antara Bawaslu dan Diskominfo Buton (Foto: Ist)
Suasana pertemuan antara Bawaslu dan Diskominfo Buton (Foto: Ist)

SUTRAKINI.COM: BUTON – Upaya menyatukan persepsi tentang pengelolaan informasi dan data, Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buton menggelar pertemuan khusus dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton, di Kantor Bawaslu Buton, Pasarwajo, pada Kamis, 27 Februari 2020.

Pertemuan yang membahas tentang tata cara pengelolaan kehumasan, pelayanan data dan pengelolaan media informasi, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Buton Maman, dan turut dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton, Alimuddin Matu, Koordinator SDM Bawaslu Buton, Delti Jans, Koordinator Sekretariat Bawaslu Buton, La Ode Nur Adiwijaya, serta sejumlah anggota dan staf Bawaslu Buton dan Staf Kominfo Buton.

Ketua Bawaslu Buton, Maman, mengatakan pertemuan ini merupakan upaya untuk menyatukan pemahaman sekaligus berbagi pengetahuan tentang pengelolaan data dan media informasi, sehingga kegiatan-kegiatan dari Bawaslu Buton dapat terdokumentasi dan terpublikasi dengan baik dan lebih memudahkan masyarakat umum untuk mengakses informasi kegiatan yang dilakukan Bawaslu Buton.

“Kami akan lebih banyak berkomunikasi dengan Dinas Kominfo Buton. Bawaslu Buton memiliki bidang kehumasan tentu butuh untuk pemahaman bagaimana mengelolah informasi yang baik terkait publikasi dan dokumentasi kegiatan bawaslu,” katanya.

Menurutnya, Bawaslu memiliki tugas-tugas pengawasan dalam tahapan pemilu meskipun tahun 2020 Buton tidak melaksanakan pemilihan serentak, namun ke depan Bawalu Buton akan melakukan sosialisasi tentang pelanggaran-pelanggaran pemilu. Bawaslu menganggap Pendidikan politik dan pengawasan pemilu perlu diberitahukan pada masyarakat serta upaya pencegahan agar masyarakat memahami bentuk demokrasi yang sesungguhnya

“Sehingga memang butuh untuk melakukan kerjasama dengan Diskominfo dalam percepatan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Maman.

Ditempat yang sama Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian Buton, Alimuddin Matu, mengatakan dalam pertemuan tersebut pihaknya siap membantu dan bekerjasama dengan Bawaslu Buton, sehingga informasi-informasi yang perlu atau penting disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Diskominfo Buton siap dan akan membatu melalui informasi pemberitaan, baik melalui web resmi Kominfo maupun media social resmi milik pemkab Buton.

“Dalam alam demokrasi sangat dibutuhkan cara cerdas dalam menyampaikan informasi sehingga sampai ke masyarakat. Masyarakat juga diharapkan ketika berselancar di dunia maya dapat menggunakan etika bermedsos yang baik, dan tidak menampilkan postingan-postingan yang berbau sara,” kata Alma sapaan akrab Alimuddin Mutu.

Laporan: Aisyah Welina

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan