SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan pengawasan pemilihan umum partisipatif mempersiapkan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 kepada Panwaslu Kabupaten Muna Barat (Mubar), Jumat (22/12/2017).

Bawaslu Sultra Gelar Pelatihan Pengawasan Pemilihan Umum di Mubar
Pelatihan pengawasan pemilihan umum partisipatif mempersiapkan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 kepada Panwaslu Kabupaten Muna Barat, Jumat (22/12/2017). (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan sebuah penyelenggaraan pemilih, bukan hanya rana permasalahan KPU sebagai pelaksana teknis penyelenggaraan. Dikarenakan undang-undang telah mengamanahkan adanya peningkatan peran dan partisipasi politik publik dalam pemilu. Atas amanah tersebut, peningkatan peran dan partisipasi ini menjadi amanah dan tantangan bersama yang harus diselesaikan oleh lembaga penyelenggara pemilu dimana Bawaslu beserta jajaran menjadi bagian didalamnya.

"Karena tujuan pemilu memastikan pilkada sesuai ketentuan perundang-undangan, kita berharap teman-teman panwaslu kabupaten, panwscam, dan PPL dapat bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan kepercayaan pada lembaga kita," kata Hamiruddin.

Menurutnya, setiap pergerakan bakal pasangan calon dan tim sukses harus ada rekaman untuk meminimalisir terjadinya indikasi pelanggaran, guna tidak menjadi gugatan di MK. 

Kegiatan ini dihadiri Ketua dan anggota Panwaslu Muna Barat LM. Yasri, Ishak dan Waode Muniati Rigato, Kepala Sekretariat Panwaslu Mubar Harmin serta Ketua dan Anggota Panwascam se-Mubar.


Laporan: Akhir Sanjaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations