Baznas Kendari Salurkan Zakat Lebih Rp245 Juta

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) kembali menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) senilai Rp245.550.208 kepada masyarakat Kota Kendari. Zakat ini bersumber dari hasil pemotongan 2,5 persen tambahan penghasilan pegawai (TPP) lingkup Pemkot Kendari.

Penyerahan zakat secara simbolis di Aula Bertaqwa Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (20/9/2018) itu, didistribusikan dengan tujuh item, di antaranya Rp20 juta bantuan biaya pendidikan kepada 40 siswa miskin; Rp106.500.000 bantuan kemanusiaan kepada 213 fakir miskin; Rp32 juta bantuan bedah rumah bagi tiga keluarga miskin; Rp13.130.000 bantuan biaya kesehatan (khitanan massal) kepada 70 orang; Rp40 juta bantuan pemberdayaan ekonomi kepada 16 orang; Rp5 juta bantuan kegiatan keagamaan; Rp28.884.000 dana operasional Amil 12,5 persen.

Mewakili Pemkot Kendari, Asisten II, Kasman Arifin, menerangkan pendistribusian ZIS 2018 merupakan periode ketiga di bulan Juni, Juli, dan Agustus. Penyaluran zakat diharapkan berkontribusi terhadap kualitas peningkatan ekonomi masyarakat yang berkarakter Islam demi mencapai kehidupan sejahtera.

“Pendistribusian zakat ini merupakan momentum yang sangat berharga dan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan serta berkesinambungan, sehingga tercapai tujuan zakat untuk memperdayakan umat Islam menuju masyarakat sejahtera,” ujar Kasman.

Dia juga berharap, masyarakat Kendari bisa mendukung keberadaan Baznas sekaligus ikut menyalurkan zakatnya sesuai ketentuan, karena begitu besar manfaatnya bagi masyarakat maupun umat Islam secara keseluruhan.

Kepala Baznas Kota Kendari, Alimuddin, juga mempunyai harapan yang sama, agar zakat bisa disalurkan secepatnya kepada yang membutuhkan.

“Jadi memang kita berprinsip semakin cepat kita keluarkan dan salurkan zakat ini, semakin cepat pula manfaat atau pahala diterima oleh yang mengeluarkan zakat ini,” ucap Alimuddin.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.