Iklan Clarion

Begini Cara BCA untuk Dorong Generasi Muda Mengenal Sejarah Batik Indonesia

SULTRAKINI.COM:Demi meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya generasi muda terhadap batik Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar acara diskusi bertajuk Khasanah Batik Pesona Budaya.

Acara yang di gelar melalui Forum Kafe BCA ini dihadiri oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur Edukasi & Ekonomi Kreatif Badan Ekonomi Kreatif , Rektor Universitas Pekalongan Suryani dan Ketua Yayasan Batik Indonesia Nita Kenzo.

Jahja mengatakan Forum Kafe BCA VI ini digelar untuk memberikan rekam jejak falsafah batik kepada generasi muda supaya dapat mengenal lebih dekat batik dari masa ke masa. Melalui hal tersebut diharapkan batik dapat menjadi salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan.

“Kafe BCA VI membahas kedalaman rasa, makna, jiwa, cinta dan harmoni yang “tertulis” dalam kain batik sebagai karya seni yang orisinal. Sebagai kain peradaban, kain batik memiliki makna filosofis yang terkandung dalam setiapmotif, desain dan teknik pewarnaan yang melambangkan kearifan lokal bangsa Indonesia,” kata Jahja di Kafe BCA, Selasa (23/5).

Ia menambahkan, aspek sosial budaya yang terangkum di balik sehelai kain batik menawarkan nilai tambah baik di pasar domestik maupun internasional. Sekedar informasi, nilai ekspor batik di tahun 2015 lalu meningkat 25,7 persen (setara 178 juta Dollar) jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Sekedar informasi, batik Indonesia sudah berhasil hadir di pelbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang bahkan eropa. Untuk itu, BCA juga mencoba untuk berkontribusi menyediakan wadah bagi peningkatan kualitas para perajin Batik serta kemajuan budaya dan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. 

Dalam Forum diskusi tersebut, diluncurkan pula buku “Batik Pekalongan : Dari Masa ke Masa:. Buku yang ditulis oleh Budi Mulyawan itu didukung penuh oleh BCA sebagai salah satu inspirasi bagi kemajuan teknik membatik di Indonesia. 

sumber berita:bisnis upload.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.