SULTRAKINI.COM: KONAWE - Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah tempat tujuan tranmigrasi. Tak heran jika daerah yang dikenal sebagai lumbung beras di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini banyak ditinggali berbagai macam suku bangsa.

Begini Cara Kery Buat Konawe Jadi Miniatur Nusantara
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Melihat potensi tersebut, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa berinisiatif menjadikan Konawe sebagai percontohan miniatur nusantara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendukung program kesenian dan kebudayaan warga transmigrasi.

"Insya Allah tahun depan (2018) kita akan anggarkan untuk program pemberdayaan kesenian dan kebudayaan warga transmigran," ujarnya.

Dengan program tersebut lanjut Kery, masyarakat dari Jawa, Bali, dan warga transmigran lainnya bisa ikut mengembangkan kesenian dan kebudayaannya masing-masing. Sehingga akan tampak berbagai ragam kegiatan suku bangsa di Konawe yang eksis.

"Dengan demikian, warga dari Jawa tidak perlu pulang lagi ke Jawa ketika rindu kampungnya. Karena Konawe sudah menjadi kampungnya juga, yang bisa menghadirkan kearifan lokal yang ada di daerah mareka (para transmigran). Begitu pun juga dengan warga transmigran lainnya," jelas mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Kery berharap, cita-citanya tersebut bisa menjadi perekat antar suku bangsa di Konawe. Sehingga kata dia, Konawe bisa terlihat sebagai miniatur Indonesia.

"Indonesia terdiri atas suku bangsa. Di Konawe pun demikian," tandasnya.


Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations