SULTRAKINI.COM: Ketua KNPI Sulawesi Tenggara La Ode Umar Bonte minta mahasiswa di Sultra ikut pro aktif dalam mengawal proses pembangunan baik yang ada di daerah maupun nasional. Hal itu diungkapkan Umar dalam forum senat mahasiswa se-Sultra yang berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Senin 16 Oktober 2017.

Begini Peran Strategis Pemuda dan Mahasiswa Menurut Umar Bonte
Ketua KNPI Sultra La Ode Umar Bonte foto bersama aktivis mahasiswa dalam forum senat mahasiswa se-Sultra, Senin (16/10/2017).

Menurutnya, peran pemuda sangat strategis dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, maupun politik. Misalnya dari segi politik, pemuda diminta untuk ikut berpartisipasi memberi pencerdasan dalam menentukan pemimpin bangsa.

“Mahasiswa harus mampu menunjukkan kepada masyarakat mengenai kriteria seorang pemimpin yang baik, sehingga tidak salah dalam menentukan pilihan politik pada setiap momentum pilkada, misalnya,” ujar Umar.

Hal itu sebagai pengejawantahan peran aktif sebagai kekuatan sosial kontrol, dan agen membaharu yang senantiasa dilandasi aspek etik dan moralitas pemuda.

Pada bagian lain ceramahnya di hadapan aktivis mahasiswa se-Sultra tersebut, Umar menyinggung tentang bahaya radikalisme sebagai salah satu bentuk perpecahan akibat perbedaan pendapat di kalangan masyarakat.

Untuk itu, pemuda dan mahasiswa perlu bersatu dan kembali kepada konstitusi negara. “Dengan demikian maka perbedaan pendapat yang mengarah pada radikalisme bisa dihindari,” kata Umar yang juga anggota DPRD Kota Kendari.

Selain Umar Bonte, ikut menjadi nara sumber dalam forum Senat Mahasiswa se-Sultra adalah Kepala BNN Sultra, Komisi 2 DPRD Kota Kendari, Ketua DPRD Sultra, dan Ketua KPU Sultra. 

Laporan: Melda Vicasari

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations