Belasan Ribu Paket Proyek Ditender April

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Pengadaan barang dan jasa tahun 2016 di Kabupaten Kolaka diprediksi molor hingga April.

 

Kepala Bagian Pembangunan Setda Pemda Kolaka, Agus mengatakan, penyebab molornya proses tender proyek belasan ribu paket yang bersumber dari APBD itu, lantaran mayoritas SKPD belum menyerahkan rencana anggaran biaya dan desain kegiatan.

 

\”Dari belasan SKPD, baru dinas Pekerjaan Umum yang hampir rampung menyerahkan perencanaan kegiatannya. Sedangkan dinas lainnya masih berproses,\” terang Agus saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

 

Menurutnya, kegiatan yang sudah rampung perencanaannya kini telah ditayangkan di LPSE. Dan, mengenai panitia lelangnya dalam waktu dekat ini akan diterbitkan SK bupatinya.

 

\”Paket yang sudah tayang sudah bisa diakses untuk dilelang. Dan, diupayakan April semua pengadaan barang dan jasa telah selesai tahapan tendernya,\” kata Agus.

yamaha

 

Beredar isu bahwa keterlambatan SKPD menyerahkan listing perencanaan kegiatan, karena dipengaruhi rasionalisasi anggaran di setiap instansi akibat devisit yang menggerogoti kondisi keuangan Pemda Kolaka. Menganai hal ini, Agus tak mau memberikan penjelasan pasti.

 

\”Kalau dikatakan karena dipengaruhi devisit anggaran. Saya tidak mau mengomentari itu karena bukan wewenang saya untuk menjelaskan. Yang pasti itu karena SKPD yang lambat menyerakan rencana kegiatan. Padahal pak bupati sejak akhir Desember tahun lalu telah mewanti wanti agar segera diselesaikan dokumen perencanaan kegiatan paling lambat Januari 2016,\” jelas Agus lagi.

 

Agus menambahkan, dalam APBD 2016 diperkirakan paket proyek, baik kategori lelang maupun penunjukkan langsung jumlahnya melampaui paket tahun 2015.

 

\”Saya tidak hafal rincian jumlahnya, tapi tahun ini jumlahnya lebih besar ketimbang paket tahun 2015 lalu,\” tandasnya.(C)

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.