Belum Ditemukan, Polri Beri Kekuatan Terbaik Bantu Cari KRI Nanggala 402

  • Bagikan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok Mabes Polri)

SULTRAKINI.COM: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri akan memberikan yang terbaik dalam upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali. Saat ini, kata Sigit, Polri menurunkan beberapa peralatan dan kapal guna mendukung upaya pencarian.

“Seluruh kegiatan memberikan yang terbaik yang bisa kami lakukan. Kami menurunkan empat kapal guna men-support (mendukung) pencarian kegiatan kemanusiaan,” jelasnya di Bali, Sabtu (24/4/2021).

Kapolri juga akan terus mendampingi upaya pencarian KRI Nanggala 402. Iapun menyampaikan keprihatinan insiden hilangnya KRI Nanggala tersebut.

“Kami keluarga besar Polri mengucapkan keprihatinan yang sangat mendalam terkait insiden ini,” katanya.

Mantan Kabareskrim ini menuturkan, empat kapal milik polairud dikerahkan, yakni KP Gelatik-5016, KP Enggang-4016, KP Barata-8004, dan KP Balam-4017. Semua kapal ini dilengkapi dengan robot pencarian, yakni ROV atau drone bawah laut.

“Dalam kesempatan ini kami selalu berusaha untuk terus melakukan apa yang bisa kami lakukan, dengan segala upaya yang ada kami akan menurunkan empat unit kapal, kapal gelatik, barata, balam, dan enggang, yang tentunya kami turunkan untuk membantu dalam rangka pencarian,” ucapnya.

Tidak hanya menurunkan kapal, drone dan peralatan pendukung pencarian KRI Nanggala, Polri juga siap menyiapkan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) jika nantinya diperlukan.

Seperti diketahui, kapal selam Nanggala 402 pembawa 53 awak kapal hilang kontak hingga kini dan belum juga ditemukan. Sejumlah instansi termasuk beberapa negara turut membantu proses pencarian namun belum membuahkan hasil. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan