Benah-benah Masjid di Konawe Rampung, BMM dan Bank Muamalat Lakukan Peresmian di Acara Hijrah Fest Makassar

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Keinginan untuk ikut mendukung tumbuhnya semangat hijrah di masyarakat, membawa Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitulmaal Muamalat (BMM) dan Bank Muamalat turut berpartisipasi dalam acara Hijrahfest Makassar yang dilaksanakan pada 22–24 November 2019.

Bertepatan dengan pembukaan acara Hijrahfest Makassar pada Jumat 22 November 2019 di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, BMM dan Bank Muamalat turut serta melakukan peresmian program “Benah-benah Masjid” yang telah dilaksanakan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Secara simbolisasi melakukan penyerahan bantuan sebesar Rp1.362.850.000 pada perwakilan Pemerintah Daerah Konawe.

Program Benah-benah masjid di 12 masjid yang berada di lima kecamatan Kabupaten Konawe, Sultra, akibat banjir bandang yang melanda wilayah tersebut bulan Juni lalu, semuanya telah selesai dibangun dan direvitalisasi melalui dana bantuan itu.

Peristiwa banjir kelam itu, banyak menyebabkan kerusakan di masjid berserta fasilitasnya akibat hanyut terbawa banjir. Padahal, masjid tidak hanya sebagai tempat menunaikan ibadah, tetapi juga sebagai sarana untuk musyawarah dan silahturahmi antarwarga. Untuk itu, keamanan dan kenyamanan kondisi masjid menjadi sangat penting bagi warga yang menggunakannya.

Hal itulah yang mendorong para pucuk pimpinan BMM dan Bank Muamalat turut serta berpartisipasi melalui dana bantuan atau CSR.

(Baca: Baitulmaal Muamalat Renovasi 12 Masjid Terdampak Banjir di Konawe)

Adapun mesjid yang direnovasi oleh BMM dan Bank Muamalat antara lain, yakni Masjid Nurul Jihad di Desa Lalodangge Kecamatan Pondidaha, Masjid Nurul Huda dan Masjid Babu Tauba di Desa Wonua Monapa Kecamatan Pondidaha, Masjid Arrahman Desa Wukuaso Kecamatan Wonggeduku, dan Masjid Jabal Rahman Desa Teteona Kecamatan Wonggeduku Barat.

Kemudian Masjid Nurul Iman Desa Wonuambae Kecamatan Konawe, Masjid Baitul Mukmin Desa Dawi-Dawi Kecamatan Wonggeduku, Masjid Nurul Hidayah Desa Uelawu Kecataman Konawe, Masjid Nurul Falah Desa Rumbia Kecamatan Bondoala, Masjid At-taqwa Desa Penunooha Kecamatan Bondoala, Masjid Baburrahman Desa Lumbinisi Kecamatan Pondidaha dan Masjid Nurjariyah Desa Sulemandara Kecamatan Pondidaha.

Laznas BMM dan Bank Muamalat ikut menyemarakan acara Hijrahfest Makassar 2019 (Foto: Istimewa)
Laznas BMM dan Bank Muamalat ikut menyemarakan acara Hijrahfest Makassar 2019 (Foto: Istimewa)

Dimomen Hijrahfest Makassar tersebut, BMM dan Bank Muamalat juga melaksanakan simbolisasi penyerahan bantuan beasiswa melalui program “Beasiswa Sarjana Muamalat” sebesar Rp368.000.000 kepada 14 Mahasiswa/i di Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas).

yamaha

Program Beasiswa Sarjana Muamalat itu merupakan program pendayagunaan zakat bagi mustahik dalam bidang pendidikan untuk jenjang sarjana.

Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan (SPP) dan uang saku, serta pembinaan secara berkala untuk pengembangan diri dan kepemimpinan hingga mahasiswa tersebut lulus kuliah.

Penyalurkan bantuan dana zakat oleh Laznas Baitulmaal Muamalat dan Bank Muamalat sebesar Rp 75.000.000 melalui panitia Hijrahfest. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan dapat membantu para penerima beasiswa dapat lulus tepat waktu dengan akademik dan leadership yang baik.

Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan, menyampaikan tujuan pengelolaan zakat untuk meningkatkan peran zakat dalam penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakaat dapat dicapai antara lain dengan adanya program yang efektif sesuai kebutuhan masyarakat dilaksanakan dengan profesional dan kolaboratif.

“Inilah ruh program yang BMM lakukan selama ini,” kata Teten Kustiawan, melalui rilis pressnya..

Terkait acara Hijrahfest Makassar sendiri, BMM dan Bank Mumalat juga memberikan kontribusi dengan menyalurkan bantuan dana zakat sebesar Rp 75.000.000 melalui panitia Hijrahfest.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Manager Layanan Muzaki BMM, M. Riandy dan Ahmad S Ilham, Region Head Bank Muamalat Sulampua kepada Ketua Stering Comite Hijrah Fest Makassar, Ahmad Ilham.

M. Riandy menyampaikan BMM akan terus menjadi bagian yang ingin ikut andil di acara kebaikan seperti Hijrah Fest ini.

“BMM juga selalu berikhtiar mengambil peran dalam menyelesaikan masalah sosial dan kemanusiaan di Indonesia melalui program-program di berbagai bidang yang kami berikan ke masyarakat,” ucapnya.

Laporan: Ulul Azmi

Editor: Hasrul Tamrin

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.