SUARA

Bendahara BKD Konawe Berulah, Gaji Ratusan PNS K2 Belum Dibayar

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Ratusan Pegawain Negeri Sipil (PNS) kategori (K2) hanya bisa merajuk. Gaji mereka sebagai abdi negara per Agustus dan September hingga kini dibayar juga. Keterlambatan pencairan tersebut diduga akibat ulah dari Bendahara Pengeluaran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konawe, Abdul Majid yang hingga kini belum memberikan keterangan.

Menanggapi masalah tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Konawe, Elizon Zainal Ahuddin menuturkan, ia sendiri sudah melakukan pengecekan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe. Hasil komunikasi dirinya dengan Ferdinan (Kepala BPKAD), diketahui bahwa seluruh gaji untuk PNS K2 sudah cair.

“Agustus-September, semuanya sudah cair penuh. Tidak ada yang ditunda-tunda. Kalaupun kemudian ada penundaan, yang dipertanyakan adalah dibendaharanya,” ujar pria yang juga menjabat sebagai staf ahli bupati Konawe itu.

Elizon melanjutkan, beberapa hari belakangan dirinya banyak didatangi PNS K2 yang bertanya tentang kejelasan gaji mereka. Ia langsung meminta orang-orang yang bersangkutan untuk ketemu langsung dengan bendahara. Sebab ia sendiri pun heran atas tindakan bawahannya yang dianggap membawel itu.

yamaha

“Saya sudah perintahkan juru bayar untuk mengecek masalah ini. Katanya dia (bendahara) beralasan masih sakit. Saya katakan ia boleh sakit tapi gaji orang tetap harus dibayarkan. Ini menyangkut hak orang banyak,” tegasnya.

Pria berkacamata itu mengungkapkan, idealnya PNS di Konawe sudah gajian minimal tiap tanggal 5. Tetapi yang terjadi pada gaji PNS K2, justru ada yang dua bulan belum terbayarkan. Laporan yang masuk pada dirinya, masih ada sekira 40 orang PNS K2 yang belum terbayarkan dari bulan Agustus. Sementara untuk bulan September ada sekira 300 lebih dari total 618 orang belum terima gaji.

“Makanya kita tunggu bendaraha (Abdul Majid) ke sini. Sebab, uang gaji PNS K2 ada sama dia,” ungkap pria yang baru beberapa hari menjabat Plt tersebut.

Sebagaimana diketahui, gaji PNS K2 dari berbagai SKPD masih melekat di Daftar Pengguna Anggaran (DPA) BKD Konawe. Sehingga tiap pencairan, dana tersebut berada dibawah kontrol Bendahara Pengeluaran BKD Konawe. Kepala BKD hanya membuat usulan ke BPKAD untuk tiap kali pencairan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.