Iklan Clarion

Bentrok, Pendukung Calon Wali Kota Baubau

SULTRAKINI.COM: Jumat (29 Juni 2018) malam, dua kelompok pendukung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau bersitegang pasca pelaksanaan Pilkada 2018. Ditengarai keributan dipicu salah paham soal hasil perolehan suara pilkada.

Keributan yang diserta kekerasan terjadi mulai pukul 18.00 Wita, tepatnya di depan Kantor Camat Murhum, Jalan Dr Wahiddin. Juga terjadi di sekitar Jembatan Tengah. Warga diimbau tidak melewati jalan itu pada malam ini.

Warga setempat melaporkan mereka sempat melihat lemparan batu dan benda-benda lain.
Namun demikian, polisi terlihat sudah terjun ke lapangan untuk menenagkan situasi. Bahkan sempat mengeluarkan tembakan peringatan untuk meredam keributan.

Kepala Kepolisian Resort Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam mengatakan situasi di Baubau saat ini sudah mulai kondusif.

“Tadi kita sudah lakukan upaya untuk mendamaikan. Saat ini kelompok sudah mulai kembali ke tempat masing-masing,” jelas Daniel.

Pasca pemungutan suara Pilkada, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra menetapkan sebanyak 4 TPS di Baubau untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU), diantaranya ada di Kecamatan Murhum.

Pilkada Kota Baubau diikuti lima pasang calon kepala daerah, yakni paslon Roslina Rahim-La Ode Yasin nomor urut 1, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse nomor urut 2, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail nomor urut 3, Yusran Fahim-Ahmad nomor urut 4, dan paslon Ibrahim Marsela-Ilyas nomor urut 5.

Empat paslon diusung partai politik yakni Yusran Fahim-Ahmad (Demokrat,PPP dan PKS), Roslina Rahim-La Ode Yasin (PKB dan Hanura), Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail (PBB dan Gerindra), dan AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, (PAN, PDIP, Golkar,dan Nasdem). Sedangkan paslon Ibrahim Marsela-Ilyas melalui jalur perseorangan.

Hasil yang dirilis KPU RI menunjukan perolehan suara pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau berdasarkan entri data Model C1 menempatkan pasangan calon Dr. H.A.S Tamrin, dan La Ode Ahmad Monianse pada posisi teratas perolehan suara, yakni sebanyak 14.541 suara (31,31 persen).

Urutan perolehan suara selanjutnya adalah pasangan calon H. Yusran Fahim, SE dan Drs. H. Ahmad, MM dengan perolehan suara 11.734 (25,27 persen), lalu pasangan calon Hj. Roslina Rahim dan La Ode Yasin dengan jumlah suara 11.419 (24,59 persen).

Selanjutnya pasangan calon Drs. H. Ibrahim Marsela, M.M. dan Ilyas, S.Sos mendapat 6.009 (12,94 persen) dan posisi juru kunci pada pasangan calon Hj. Wa Ode Maasra Manarfa, S.Sos dan Ikhsan Ismail dengan perolehan suara 2.734 (5,89 persen).

Komposisi suara demikian sebagai hasil input data 153 TPS dari 254 TPS yang ada di seluruh Kota Baubau. Atau berdasarkan hitungan 60,24 persen TPS yang ada.

Laporan: Shen

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.