Berani Coba, Lima Wisata di Indonesia Ini Terkenal Karena Seramnya

SULTRAKINI.COM: Berwisata di tempat atau lokasi eksotik menjadi impian banyak orang. Namun kadang kala, wisatawan memilih berwisata ekstem atau seram yang menguji adrenalin.

Bagi sebagian orang, menikmati kisah seram memberi kesenangan tersendiri. Perasaan takut dan tegang adalah hal yang dirasakan saat datang ke tempat yang menyeramkan tersebut. Berikut ini lima tempat wisata di Indonesia yang terkenal karena seramnya.

1. Toraja
Toraja identik dengan keunikan budayanya dalam hal menghormati kematian sesesorang, baik dalam bentuk upacara adat ataupun penguburannya. Di Tana Toraja, penduduk yang masih menganut ajaran animisme menyelanggarakan beberapa upacara pemakaman tradisional, seperti kubur bayi dalam pohon (kambira), tradisi Tau-tau, dan tradisi ma’nene. Ada berbagai kengerian yang bisa kamu lihat di Tana Toraja.

Kambira yang merupakan makam bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan. Bayi-bayi tersebut dimakamkan di sebuah batang pohon Tarra yang dipercayai sebagai persemayaman yang sempurna bagi para bayi. Dikuburkan tanpa kain kafan, agar seperti berada di dalam rahim ibunya, posisi lubang di pohon pun disesuaikan dengan kelas sosial keluargannya.

Sedangkan tradisi Tau-tau adalah upacara memasukkan jasad ke dalam peti mati yang ditempatkan di lubang gua. Peti mati itu dihiasi oleh patung kayu berbentuk sosok hidup si jenazah. Dan dipercaya akan menjadi tempat peristirahatan ruh orang meninggal.

Tradisi Ma’nene kebalikannya, yakni upacara menggali kembali pemakaman untuk mengajak kembali bertemu dengan keluarga. Pengunjung bisa melihat orang meninggal yang berjalan bahkan memakai baju. Mereka sebetulnya tidak benar-benar berjalan layaknya manusia yang hidup kembali.

2. Pantai selatan, Pulau Jawa
Pantai selatan yang ada di Pulau Jawa seperti parantritis dan pantai pengandaran kerap dijadikan tempat wisata oleh masyarakat.

Pantai ini dikenal sebagai pantai yang mempunyai ombak kuat dan tinggi sehingga tak jarang pantai ini memakan banyak korban.

Pantai selatan, Pulau Jawa. (Foto:Nusantaratv.com)
Pantai selatan, Pulau Jawa. (Foto:Nusantaratv.com)

Misteri gaib yang dipercaya oleh penduduk lokal daerah ini adalah ratu penguasa lautan yang bernama Nyi Roro Kidul. Penduduk percaya korban yang berjatuhan di daerah ini dikarenakan oleh penguasa makhluk halus. Pengunjung yang memasuki kawasan ini tidak diperkenakan memakai baju berwarna hijau karena merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

3. Gunung Kawi

Gunung Kawi. (Foto: aneka tempat wisata)
Gunung Kawi. (Foto: aneka tempat wisata)
yamaha

Gunung Kawi merupakan objek wisata yang berlokasi dekat Gunung Butak di Jawa Timur yang selalu ramai pengunjung. Selain terkenal dengan panorama alam yang indah, biasanya juga dijadikan sebagai tempat ziarah pesarean.

Gunung Kawi juga biasa menjadi tempat pesugihan dan tumbal. Ada juga masyarakat yang datang dari berbagai daerah dengan tujuan ritual pemujaan gaib. Pelaku ritual percaya dengan melakukan petapaan di Gunung Kawi bisa mendapat kekayaan secara instan.

Konon, pemilik pesugihan biasanya akan mulai mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas ekonomi dalam kehidupannya. Biasanya setelah melewati satu tahun, kita bisa mendapat kekayaan secara instan.

4. Taman nasional Alas Purwo

Taman nasional Alas Purwo. (Foto: wikipedia)

Taman nasional Alas Purwo merupakan wisata hutan hujan yang terletak di Jalan Briwijaya nomor 20, Kebalenan, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini terkenal karena pesona wisata alamnya.

Bukan hanya pantai, Alas Purwo disebut sebagai salah satu kerajaan gaib besar yang ada di Indonesia. Hal ini dikaitkan dengan kasus pengunjung yang tersesat di dalam hutan yang disebabkan oleh gangguan mahluk gaib atau astral. Tak jarang para penduduk melihat penampakan seperti genderuwo hingga kuntilanak.

5. Bedugul taman rekreasi hotel

Bedugul taman rekreasi hotel. (Foto: hipwee)
Bedugul taman rekreasi hotel. (Foto: hipwee)

Bali terkenal dengan keindahan alam, budaya, dan tradisinya. Salah satu daerah yang menyimpan banyak potensi wisata angker ialah Bedugul taman rekreasi hotel. Tempat ini sering disebut Ghost Palace hotel, julukan yang disematkan oleh wisatawan asing yang senang dengan acara-acara berbau mistis.

Sesuai dengan namanya daerah ini diyakini sebagai penginapan yang berhantu dan menjadi istana bagi makhluk supranatural.

Dari berbagai sumber
Laporan: Ilam Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.