SULTRAKINI.COM: KENDARI - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Search and Rescue (SAR) Kendari membentuk kerja sama dalam pemberdayaan pemuda terhadap penanggulangan bencana, Selasa (17/10/2017). Kerja sama ini merupakan terobosan baru dalam pemberdayaan pemuda di Sultra yang dinahkodai oleh KNPI.

Berdayakan Pemuda, KNPI Sultra Gandeng SAR
Ketua Ketua Pengurus Dewan Pempinan Daerah KNPI Sultra, Umar Bonte bersama Kepala SAR Kendari, Muslimin usai meninjau alutsista Milik SAR, Selasa (17/10/2017). (Foto: Wayan Sukanta/SULTRAKINI.COM)

"Kerja sama dari kelompok masyarakat terutama pemuda seperti yang tergabung dalam KNPI dan organisasi masyarakat lainnya, sangat diperlukan untuk latihan tanggap bencana. Hal ini sebagai bentuk kesiagaan dan tanggap dalam penanganan bencana, yakni memberdayakan masyarakat dengan melatihnya untuk membantu SAR dalam penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing," kata Ketua Pengurus Dewan Pempinan Daerah KNPI Sultra, Umar Bonte, Selasa (17/10/2017).

Kepala Kantor SAR Kendari, Muslimin menyambut antusias rencana kerja sama itu untuk menciptakan pemuda yang terampil dalam pembekalan ilmu tentang penanggulangan bencana.

"Saya mendukung adanya kerja sama ini dan tentu memiliki dampak yang positif. Untuk materi pelatihan sudah kami siapkan, tinggal menunggu koordinasi dari pihak KNPI mengatur jadwal dan pelaksanaanya saja," terang Muslimin.


Laporan: Wayan Sukanta

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations