Berikan Wadah Perlindungan Hukum Dan Kesejahteraan Satpam, KBKS Sultra Resmi Dibentuk 


SULTRAKINI.COM: KENDARI – Keluarga Besar Korps Swakrsa (KBKS) wilayah Sultra resmi dibentuk, kegiatan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah juga dilaksanakan dalam Muswarah Daerah 1 yang dilaksanakan di PPS padaMinggu (27/12/2020).

Dalam Muswarah Daerah pertama kali yang dilakukan  dihadiri sejumlah perwakilan anggota satuan pengamanan (Satpam) dari berbagai daerah dan instansi tempat mereka bekerja, salah satunya BLUD RS Konawe, PLN, BTPN, Telkom Dan beberapa instansi lain.

Ketua KBKS, Usman A, mengatakan perkumpulan ini dibentuk untuk memberikan wadah bagi satuan pengamanan yang mengalami kendala di pekerjaannya  hingga memberikan pendampingan hukum.

“KBKS ini pertama kali di bentuk diwilayah Sulawesi Tenggara  untuk Dewan pimpinan pusat  KBKS sendiri itu berada di Batam  dimana  ini adalah wadah bagi satpam khusunya yang meminta bantuan perlindungan hukum dan kesejahteraan bagi satpam itu sendiri dalam hal pemberian upah yang sesuai standar UMR,” kata Usman, Minggu (27/12/2020).

Tak hanya itu Sarifuddin selaku sekretaris KBKS menambahkan  perkumpulan ini bertujuan untuk wadah satpam, kesejahteraan satpam dan perlindungan hukum, hal ini sering di hadapi sebagian anggota Satuan Pengamanan yang rentang terhadap tindakan kriminalitas.

“Apabila pada saat bertugas pengamanan melakukan pelumpuhan terhadap pelaku sehingga berakibat fatal maka pihak KBKS melakukan pengawalan dan bantuan hukum, selain itu kami juga telah bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Abdi Rakyat Indonesia (ARI),” sambung Sariffudin.

Dia juga mengajak seluruh anggota satpam yang tergabung agar selalu menjaga jiwa korsa dan bagi yang ingin bergabung pada KBKS  untuk mendaftarkan ke pengurus daerah Sulawesi Tenggara.

“Untuk menjadi anggota KBKS bisa mendaftarkan dirinya langsung KBKS DPD Sultra tentunya harus memiliki sertifikat Gada Pratama,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kasubdit Binmas Satpam Polda Sultra AKBP Korjono mengungkapkan sangat mendukung dengan dibentuknya KBKS yang dapat memberikan Wadah bagi setiap anggota satuan pengamanan serta dapat menjaga koordinasi dengan pihak Polri.

“Saya sangat mendukung dengan Adanya KBKS ini, semoga kedepan tetap saling berkordinasi dengan pihak kami begitupun sebaliknya, dan selama ini kordinasi berjalan dengan baik, baik secara pembinaan  maupun hal komunikasi misalnya ada anggota kami dilapangan yang sedang melakukan patroli kita selalu menyempatkan  untuk singgah di pos satuan pengamanan untuk selalu mengecek kondisi,” ucap Korjono.

Ia juga berharap kedepan perkumpulan ini bisa berjalan dengan baik, dan bisa menjadi acuan bagi pihak lain untuk tetap menjaga solidaritas sesama satuan pengamanan

“Perkumpulan KBKS ini baru diresmikan jadi kedepannya kami berharap bisa berjalan dengan baik sehingga ada wadah yang membawahi para anggota satuan pengamanan yang berada di wilayah Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Laporan: Riswan
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.