Iklan Clarion

Berikut Tanpa Sadar Kesalahan Saat Merawat Rambut

SULTRAKINI.COM: Setiap wanita pasti mendambakan rambut yang indah, kuat dan berkilau. Berbagai carapun dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Misalnya makan makanan sehat atau pergi ke salon untuk melakukan berbagai perawatan. Namun, tanpa sadar rutinitas harian yang sederhana ternyata justru membuat rambut menjadi rusak.

Melansir dari Brightside, Jumat (29/12/2017) ada lima kesalahan saat merawat rambut yang harus segera dihentikan agar rambut tetap sehat, kuat, dan terawat.

1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Masih sering menyisir rambut saat masih basah. Saatnya menghentikannya dari sekarang. Ketika masih basah, rambut jadi lebih mudah rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Solusinya adalah biarkan rambut mengering secara alami dan gunakan vitamin atau serum rambut sebelum menyisirnya.

2. Menggunakan Sisir yang Kotor

Saat menyisir rambut, banyak partikel kulit mati yang menempel pada sisir sehingga menimbulkan tumbuhnya bakteri. Selain itu, kulit mati juga dapat menstranfer kembali ke kulit kepala jika tak rajin mencuci sisir hingga bersih. Solusinya, rajinlah mencuci sisir saat sudah mulai kotor atau melapisi sisir menggunakan tisu terlebih dahulu sebelum menyisirnya agar tetap bersih.

3. Keramas Setiap Hari Menggunakan Air Hangat

Baca Juga

Kelenjar di kulit kepala kita menghasilkan minyak alami yang penting untuk rambut sehat. Sementara air panas bisa mengeluarkan minyak alamu yang justru membuat rambut kering dan rapuh. Cucilah rambut secara rutin setiap dua atau tiga kali seminggu jika memiliki rambut sangat berminyak. Dan sebaiknya jangan mencuci rambut setiap hari dan menggunakan air hangat.

4. Menyisir Rambut Terlalu Sering

Jika menyikat rambut datau menyisirnya dari akar, akan menarik banyak rambut sehingga mudah rontok. Melakukan hal ini juga dapat melemahkan akar. Jadi sebaiknya selalu mulai menyikat rambut dari pangkal dan ujungnya tanpa berlebihan.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sering mengikat rambut dengan sangat erat akan merusak rambut dari akarnya. Jika rambut ditata ponytail adalah gaya yang disukai, hindari mengikatnya terlalu kencang ke atas. Sebaiknya tata rambut secara bergantian untuk menghindari kerusakan rambut seperti patah dan rontok.

Sumber: liputan6.com

Komentar
Loading...