Berkat Kerja Keras Tim Litbang HPS di Sultra Siap Digelar, Inovasi Teknologi Pertanian Akan Dipamerkan

SULTRAKINI.COM/KENDARI – Tim Badan Litbang Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mematangkan persiapan perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang akan digelar pada 2-5 November 2109 nanti yang dipusatkan di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Menuju sepekan puncak pelaksaan HPS, persiapan Badan Litbang Kementan Sultra, Pemprov Sultra dan Panitia pelaksana saat ini sudah mencapai 90 persen.

Pembukaan kegiatan HPS yang direncanakan pada tanggal 2 November akan dipusatkan di lokasi gelar teknologi pertanian dan panen, di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konsel akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Rapat pleno kelima persiapan HPS bersama Dirjen Holtikultura Kementan.
Rapat pleno kelima persiapan HPS bersama Dirjen Holtikultura Kementan.

Presiden rencananya diagendakan akan melakukan panen kakao dan juga digelar inovasi teknologi dan bio industri. Jumlah peserta yang akan menghadiri pembukaan HPS sebanyak 5000 orang terdiri dari tamu diplomatik, kementerian, gubernur, bupati dan walikota se Indonesia serta para petani dan masyarakat yang ada di Sultra.

Selain itu, juga digelar Festival Pangan Lokal (lomba cipta menu) dan peninjauan pameran termasuk pagelaran seni budaya yang dipusatkan di lapangan MTQ Kendari.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Taufiq Ratule bersama Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Muhammad Sidiq. (Foto: Istimewa).
Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Taufiq Ratule bersama Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Muhammad Sidiq. (Foto: Istimewa).

Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, pada rapat pleno kelima persiapan HPS bersama di Kantor Gubernur Sultra, Kamis (24/10/2019) yang diikuti jajaran pemerintah daerah, Badan Litbang Kementerian Pertanian, telah menyatakan kesiapannya menyukseskan acara puncak HPS ke 39 itu.

Begitu juga, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Dr. Ir. Taufiq Ratule, menyampaikan hahwa progres kesiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian telah mencapai 80 hingga 90 persen.

“Tim Litbang Kementan terus bekerja keras melakukan pembenahan pada lokasi gelar teknologi,” ujarnya.

Taufiq Ratule menyampaikan pada acara gelar teknologi ini akan menampilkan beberapa capaian dan inovasi di bidang pangan. Sedikitnya ada delapan inovasi baru yang akan ditampilkan.

Lokasi pusat acara gelar teknologi di Kabupaten Konawe Selatan (Foto: Istimewa)
Lokasi pusat acara gelar teknologi di Kabupaten Konawe Selatan (Foto: Istimewa)

Diantaranya, sistem usaha tani kakao, kawasan rumah pangan lestari (KRPL), integrasi tanaman kakao dan ternak kambing unggul balitbangtan, bioindustri pengolahan hasil kakao dan sagu, ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB), tumpangsari tanaman aneka kacang, padi dan jagung dengan tanaman kakao, rumah pembibitan kakao dan pompa air berbasis 4.0.

“Pompa air berbasis 4.0 ini dapat dioperasikan jarak jauh, melalu handphone dengan bantuan internet,” jelas Taufiq

Selain itu lanjutnya, Balitbangtan juga akan memamerkan paket mesin pengolahan kakao yang. Terdiri dari alat sangrai, pengupas kulit, alat pres, pelembut, pengayak dan penghalus bubuk coklat, yang nantinya akan dioperasikan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Muhammad Sidiq menambahkan, Tim Litbang Kementan yang ada di lapangan terus bekerja dalam melakukan pembenahan pada lokasi gelar teknologi.

“Sehingga sebelum hari H, persiapan gelar teknologi telah mencapai 100 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Kegiatan, Dahya, mengatakan bahwa hari ini Sabtu (26/10) tim Balitbangtan BPTP Sultra berjumlah 50 orang turun kelokasi untuk melakukan pembenahan disekitar lokasi gelar teknologi.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini pemasangan spanduk, umbul-umbul, pembersihan disekitar tanaman kakao, KRPL, integrasi ternak dan dilokasi panggung utama,” tutupnya.

 

Laporan: La Niati

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.