SULTRAKINI.COM: Jakarta - Rezeki bisa datang kapan saja tanpa diduga. Seorang siswi SMA di Surabaya, Jawa Timur, mendapatkan beasiswa kuliah gara-gara televisi di rumahnya rusak.

Berkat Televisi Rusak, Siswi di Surabaya Dapat Beasiswa Kuliah
Foto: (ilustrasi)

Dia adalah Tasya Oemar. Siswi SMK Untung Suropati Sidoarjo ini awalnya kesal karena televisi di rumahnya hanya bisa memutar siaran Metro TV. Namun justru karena setiap hari hanya menyaksikan program siaran Metro TV, ia menjadi tahu bahwa MetroTVnews.com tengah menggelar kompetisi beasiswa online, Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex 2016.

Awalnya, Tasya tidak terlalu tertarik karena dia berhasrat ingin kuliah di Universitas Negeri. Kemudian, Tasya didorong ibunya untuk mengikuti OSC with Avitex 2016. Tasya tergerak mengikuti program beasiswa dengan tujuan meringankan beban keuangan orang tua.

“Kalau aku tidak mencoba, belum tentu tahun ini bisa kuliah (karena kendala finansial). Akhirnya, aku coba dan mulai mendaftar secara online ke website resmi OSC," kata Tasya kepada Metrotvnews.com.

Tahap demi tahap ia jalani. Persyaratan ia lengkapi. Lolos tes online, Tasya maju ke tahapan selanjutnya, tes offline di Jakarta, hingga akhirnya terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa OSC with Avitex. Saat ini, Tasya kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti.

"Kalau tidak ada OSC, aku enggak tahu bisa kuliah atau tidak tahun ini, karena harus menunggu kakak selesai kuliah. Aku jadi bisa meringankan beban orang tua, apalagi bisa kuliah di jurusan yang aku ingin dan sudah terakreditasi A," kata Tasya.

Tak hanya itu, dengan mengikuti program OSC with Avitex, Tasya bisa melatih rasa percaya diri. Tasya juga bisa lebih menggali potensi diri, karena pendaftar dan finalis datang dari berbagai penjuru Tanah Air.

"Aku jadi tahu di antara anak-anak Indonesia, posisi aku ada di mana. Ternyata di antara semua yang ikut, aku layak dan berarti aku punya kelebihan yang bisa digali lagi untuk masa depan," kata perempuan kelahiran Malang, 7 Juni 1999 ini.

Tasya mengajak anak Indonesia agar mengikuti OSC with Avitex 2017. Sebab, OSC with Avitex menawarkan beasiswa gratis hingga semester akhir, uang pangkal 100 persen, dan boleh memilih jurusan sesuai minat.

"OSC pengumumannya setelah SMBPTN, jadi kenapa tidak coba? Tapi harus yakin dan niat. Tidak ada salahnya meringankan beban orang tua, kapan lagi empat tahun kuliah gratis,” beber Tasya.

OSC with Avitex adalah program beasiswa online pertama di Indonesia yang bertujuan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan hingga jenjang strata-1 (S1). Pada tahun ketiga ini, OSC with Avitex 2017 menyediakan 240 beasiswa dari 12 universitas swasta dari Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya dan Yogyakarta.


Sumber: Metrotvnews.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations