Berkat TMMD ke-106 Balai Pertemuan Warga di Kolowu Busel Dibangun

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Pembangunan Balai pertemuan adalah salah satu pelayanan fisik dalam kegiatan TMMD ke-106 pada 2019. Pengerjaan bangunan tersebut menjadi sasaran II oleh Kodim 1413/Buton di lingkungan Kolowu, Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Wa Ida, salah satu warga Kelurahan Masiri yang merupakan eks Ambon mengaku sangat bersyukur dengan adanya pembangunan ini.

“Iya, alhamdulillah sudah mulai dibangun, ini sebenarnya pondasinya sudah lama ada, tapi tidak dibangun sampai sudah hitam itu pondasinya, kalau bapak-bapak tentara ini tidak datang mungkin belum dibangun sampai sekarang,” cerita Ida.

Kata Ida, sebagai ex pengungsi Ambon yang tinggal di Buton Selatan sejak 1999, mereka pada umumnya memiliki sifat solidaritas dan kekeluargaan yang tinggi. Selain itu mereka terbiasa mengadakan acara sesuai adat kebiasaan mereka, misalnya berkumpul dan merayakan hari-hari besar islam. Tidak adanya balai pertemuan di kampungnya, mereka harus pergi ke lingkungan lain karena tidak adanya tempat dan ruang untuk mereka berkumpul.

“Waktu Idul Adha saja kemarin kami buat acara di lapangan sana, soalnya tidak ada tempat kumpul, belum ada balai pertemuan ini, jadi kalau sudah ada tidak perlu jauh-jauh lagi,” jelasnya.

Dandim 1413/Buton, Letkof Arif Kurniawan melalui Koordinator TMMD ke-106 Kodim 1413/Buton, Peltu Anwar, mengatakan pembangunan balai pertemuan di lingkungan Kolowu dibanguna dengan ukuran lebar 7,8 meter dan panjang 10.2 meter.

“Sekarang pembangunan balai pertemuannya sudah sekitar 21 persen,” singkat Anwar, Minggu (6/10/2019).

TMMD ke-106 dipusatkan di Kelurahan Masiri dan Kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sultra. Sejumlah program fisik dan non-fisik akan digelar mulai 2 hingga 31 Oktober 2019. Sebanyak 105 personel terlibat di kegiatan tersebut, termasuk gotong royong dari masyarakat setempat. (adv)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.