Bertambah Satu Positif Covid-19 di Baubau, Keluarga Pasien akan dites Swab

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Baubau, dr. Lukman melaporkan penambahan satu kasus positif corona merupakan ibu rumah tangga berusia 54 tahun. Pasien ke-16 terkonfirmasi corona ini berasal dari klaster Gowa.

Lukman menerangkan, pihaknya menerima hasil tes Swab pasien 16 yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada 7 Juni 2020. Pasien diduga terinfeksi dari anaknya yang pulang dari daerah zona merah Covid-19 di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan sehingga digolongkan dalam klaster Gowa.

Ibu 54 tahun itu kini dirawat di RSUD Palagimata Kota Baubau dan akan dilakukan tes Swab terhadap semua keluarga dan kerabat pasien yang memiliki riwayat pernah bersentuhan fisik dengannya.

“Pasien menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata Kota Baubau,” ucap Lukman pada konferensi pers di ruang sekber Covid-19 Kota Baubau, Minggu (7/6/2020) malam.

Data gugus Covid-19 Baubau per Minggu, 7 Juni 2020 malam, jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang, 13 orang di antaranya masih dirawat, sedangkan tiga orang lainnya dinyatakan sembuh usai menjalani dua kali tes Swab dengan hasil negatif.

gemilang simpeda bank sultra

Pihaknya juga mendata sebanyak 74 orang tanpa gejala (OTG), 12 orang dalam pemantauan (ODP), dan tiga pasien dalam pengawasan (PDP).

Lukman berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Misalnya, menggunakan masker bila keluar rumah dan tetap menghindari kontak fisik, senantiasa membersihkan tangan, serta menjaga jarak dengan orang lain saat di tempat umum.

Para pejabat daerah di setiap wilayah juga diminta memantau warganya yang keluar masuk daerah dan terus berkoordinasi dengan pihak PKM di wilayah masing-masing.

“Pengurus RT/RW agar terus memantau setiap warganya, penduduk yang keluar masuk agar kemudian dilaporkan ke PKM di wilayahnya,” tambahnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.