Betulkah Honor Anggota Satpol PP di Pengamanan Festival Budaya Tua Dipangkas?

  • Bagikan
Banner publikasi Festival Budaya Tua Buton 2017.

SULTRAKINI.COM: BUTON – Honor Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara pada pengamanan kegiatan Festival Budaya Tua beberapa waktu lalu diduga dipangkas.

Sejumlah Anggota Satpol PP Buton yang enggan disebutkan namanya mengatakan, saat penerimaan honor tersebut pada Jumat, 6 Oktober 2017, mereka hanya diberikan sebesar Rp 150 ribu dari total yang ditandatangani Rp 1 juta, khususnya pada pegawai tidak tetap (PTT).

“Kita tanda tangan 1 juta, tapi hanya diberikan 150 saja, kita tidak tahu juga apa alasannya,” kata mereka kepada SultraKini.Com di salah satu tempat di Pasarwajo, Jumat (6/10/2017).

Selain Anggota Satpol PP yang berstatus PTT, ada juga PNS yang juga melakukan pengamanan turut ditindaki hal yang sama, dari total Rp 1. 250.000 ditandatangani, namun diterima senilai Rp 500 ribu.

“Saya saja yang saya tanda tangani Rp 1. 250.000, tapi saya dikasih hanya 500 ribu,” kata Anggota Pol PP lainnya.

Tindakan demikian rupanya tak berlaku bagi para pimpinan dan kepala bidang. Padahal menurut mereka, tindakan pengamanan sama-sama dilakukan selama festival. “Yang pimpinan, kepala bidang, bos-bos ini tidak ada potongan, mereka murni terima,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Buton, La Madi membantah adanya pemotongan honor anggota Satpol PP tersebut. Menurut dia, sebelum uang itu diterimakan yang diwakilkan kepada beberapa orang dalam satu regu yang bertandatangan didalam SPJ, sudah terlebih dahulu dijelaskan kepada mereka bahwa itu hanya yang tertera di surat pertanggungjawaban (SPJ) saja. Namun nominal yang diterimakan tidak sesuai dengan yang tertera di dalam SPJ.

“Kita tidak SPJ kan secara massal, karena itu menyalahi regulasi yang ada, kita sudah sampaikan bahwa ini cuman SPJ kan, tapi kita bagikan kepada semua anggota,” ucap La Madi saat ditemui di kediamannya.

“Setiap Satu regu ada yang mewakilSatp 10 orang yang tanda tangan SPJ,” sambungnya.

kata dia, honor yang diterima setiap anggota tidak sama, disesuaikan dengan kehadirannya saat melakukan pengamanan sekitar delapan hari. Namun bagi para kepala bidang honor itu diterimakan utuh.

“Ada 300 ribu, 500 ribu, sesuai kehadirannya, kalau kepala-kepala bidang itu tetap nilainya,” jelasnya.

Meski tidak merincikan berapa honor anggota Satpol PP yang berstatus PTT. Namun total anggaran pengamanan selama Festival Budaya Tua Buton beberapa waktu lalu sekitar Rp 125 juta, dikurangi kepeluan lainnya sehingga total anggaran sekitar 260 Anggota Pol PP yang lakukan pengamanan senilai lebih dari Rp 70 juta.

“Yang melakukan pengamanan itu sekitar 260 orang, anggarannya dari total Rp 125 juta, sekitar Rp 70 juta untuk dibagikan kepada Pol PP,” terangnya.

Laporan: La Ode Ali

  • Bagikan