SUARA

BI Buka Penerimaan Calon Pegawai, Cek Jurusanmu

SULTRAKIN.COM: KENDARI – Bank Indonesia (BI) secara resmi membuka penerimaan calon pegawai melalui pendidikan calon pegawai muda (PCPM-BI) Angkatan 35.

Pendidikan Calon Pegawai Muda atau disingkat dengan PCPM, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

Rekrutmen PCPM Angkatan 35 tahun 2020 menggunakan dua metode yaitu, pertama Open Recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.

Kedua, Targeted Recruitment, yang terdiri dari Campus Hiring pada beberapa perguruan tinggi tertentu. Rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu serta berasal dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia.

Kemudian Referral LPDP yang merupakan rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang merupakan lulusan S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, dengan persyaratan bidang studi atau keahlian spesifik sesuai kebutuhan Bank Indonesia.

“Adapun bidang studi yang dibuka pada PCPM 35 Open Recruitment yakni Matematika, Statistika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Ilmu Ekonomi/Ekonomi Studi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Manajemen, Akuntansi, Keuangan, Agribisnis, Ilmu hukum, Ilmu Administrasi (bisnis, fiskal dan niaga),” dikutip dalam laman web Bank Indonesia, Sabtu (5/9/2020).

Informasi mengenai jurusan/program studi dan persyaratan lainnya dapat dilihat pada poster yang terdapat di media cetak (harian Kompas tanggal 5 dan 6 September 2020), media sosial Bank Indonesia, dan website recruitment https://pcpm35rekrutmenbi.id.

yamaha

Periode penyampaian online application rekrutmen PCPM 35 tahun 2020 jalur open recruitment dilakukan mulai 5 September 2020 pukul 00.00 WIB sampai dengan 10 September 2020 pukul 23.59 WIB.

Tahapan seleksi rekrutmen PCPM 35 tahun 2020 melalui metode open recruitment yaitu;

  1. Seleksi administrasi;
  1. Seleksi tes potensi dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF);
  2. Seleksi tes pengetahuan umum (TPU), tes pengetahuan kebanksentralan (TPK), dan tes bahasa Inggris;
    4.Seleksi psikologi, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara psikologi;
  3. Seleksi tes kesehatan dan tes psikiatri;
  4. Seleksi Wawancara akhir; dan
  5. Seleksi Leadership forum.
    Dalam masing-masing tahapan seleksi berlaku sistem gugur.

Dokumen yang diunggah (upload) pada saat penyampaian online application antara lain; Scan identitas diri (KTP) – mandatory, Scan ijazah – mandatory, Scan transkrip nilai – mandatory, Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Scan sertifikat bahasa yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada), Scan Penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kemendikbud – Dikti (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang tidak termasuk dalam QS World Universities Ranking Top 50). (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.