BI Imbau Perbankan Cek Ketersedian Uang dan Melayani Masyarakat Secara Merata

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sultra meminta kepada pihak perbankan agar memastikan ketersedian uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jelang pelaksanaan hingga usai Ramadan.

Kepala KPwBI Sultra, Bimo Epyanto, mengatakan perbankan harus memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah, dengan memastikan ketersedian uang tunai di mesin ATM masing-masing.

“Perbankan diupayakan agar lebih rajin memantau mesin-mesin ATM nya supaya tidak terjadi kekosongan uang yang ada di mesin ATM jelang hingga usai bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021,” ujar Bimo Epyanto, saat diwawancarai, Jumat (9/4/2021).

Bimo lebih lanjut mengatakan dimasa pandemi Covid-19 terus melakukan kerjasama dengan perbankan yang ada di Sultra guna memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat.

“Jadi perbankan tetap melayani masyarakat secara merata bukan hanya nasabah non nasabah juga tetap dilayani untuk melakukan penukaran uang kecil dan ini sama seperti tahun sebelumnya permintaan uang pecahan uang kecil akan meningkat,” jelasnya.

Selain bekerjasama dengan perbankan didaratan BI Sultra juga akan memenuhi kebutuhan uang dengan melakukan kas keliling tetapi bukan pada masyarakat melainkan melakukan kas keliling kepada perbankan di daerah kepulauan.

“Jadi kami akan mendatangi daerah-daerah tertentu, nanti kami akan melakukan penyediaan uang tapi langsung pada perbankan, harapannya bank-bank itu bisa menyalurkan kepada masyarakat karena selama ini kami hanya melayani perbankan di luar Kota Kendari yaitu di Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka dan itu namanya kas titipan,” urainya.

Startegi yang dirancang BI Sultra ini belum terlaksana kemungkinan jelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri akan berjalan dan saat ini sedang disiapkan.

“Startegi baru yang kami lakukan dan kami sedang siapkan jadi belum dilakukan tapi dalam waktu dekat akan dilakukan,” tuturnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.