BI Prediksi Ekonomi Sultra 2020 Hanya Tumbuh 3,9 Persen Akibat Corona

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sultra pada tahun 2020 akan berada pada kisaran 3,9 persen – 4,3 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun 2019 yang sebesar 6,5 persen (yoy). 

Kepala KPwBI Sultra, Suharman Tabrani, mengatakan pandemi Covid-19 menjadi faktor utama penurunan pertumbuhan ekonomi tersebut. 

“Faktor yang menjadi downside pertumbuhan Ekonomi Sultra yakni pembangunan fisik yang dilakukan oleh pemerintah tertahan seiring dengan penggantian sementara pengadaan barang dan jasa dan difokuskan pada penanganan Covid-19,” kata Suharman, Selasa (19/5/2020).

Kemudian pemberlakuan social distancing memberikan dampak pada konsumsi masyarakat terutama pada non bahan makanan Penundaan DAU terhadap 11 kabupaten/kota sebesar 35 persen berpotensi menurunkan kinerja konsumsi pemerintah.

“Faktor lain pengetatan akses keluar masuk untuk manusia dan barang dan diperkirakan akan berdampak pada investasi yang dilakukan oleh swasta,” ujar Suharman.

Kontraksi pertumbuhan ekonomi dunia akibat Covid-19 dapat berdampak pada perdagangan luar negeri di Sultra, seperti harga nikel dunia diperkirakan akan mengalami penurunan.

Suharman juga menyampaikan faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sultra adalah kinerja industri pengolahan diperkirakan akan mengalami peningkatan didukung oleh kapasitas produksi smelter dan industri olahan logam yang masih cukup tinggi.

Selain itu program bantuan dari pemerintah seperti peningkatan bansos nontunai, rencana pelaksanaan bantuan langsung tunai, insentif bagi UMKM dan tenaga medis, program prakerja dan tingkat inflasi yang rendah diperkirakan dapat menjaga tingkat konsumsi rumah tangga.

“Harga minyak dunia yang mengalami penurunan dapat mengurangi nilai impor dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Sultra,” ungkapnya.

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daen
g

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.