BI Sultra Bentuk Jaringan Melacak Peredaran Uang Palsu

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sultra, Purwahono mengatakan, beredarnya uang palsu di daerah ini akan diidentifikasi bersama Polres Kendari.

“Untuk sekarang ini pihak kepolisian masih sementara melakukan penyelidikan mengenai beredarnya uang palsu, selanjutnya pihak BI akan melakukan pemeriksaan uang. Jika memang benar uang tersebut palsu maka akan dikembalikan lagi ke pihak kepolisian untuk menindaklanjuti,” terangnya, Jumat (5/5/2017).

Penanganan peredaran uang palsu juga ditindaki BI melalui kerjasama dengan perbankan di Sultra dan masyarakat guna melacak keberadaan pelaku tersebut. 

“Kepada pihak bank yang ada di Sultra melaporkan kepada pihak BI jika ada kecurigaan adanya uang palsu yang masuk. Apalagi sekarang uang baru sangat gampang untuk mengetahui keasliannya, jadi dengan gampang BI bisa mengetahuinya palsu atau tidak,” jelas Purwahono.

Hingga kini jumlah peredaran uang palsu belum diketahui pihaknya. Untuk itu BI mengharapkan ketelitian masyarakat dalam melakukan transaksi. Utamanya menyambut bulan suci ramadan.

Laporan: Nova Aliza

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.